Pemilik Anjing Pitbull Ditahan

id anjing pitbull kediri ,polres kediri ,anjing gigit warga ,kabupaten kediri

Pemilik Anjing Pitbull Ditahan

Anjing pitbull saat dibawa di mobil Polres Kediri, Jawa Timur, Senin (22/1). Dua ekor anjing pitbull menggigit warga Kabupaten Kediri, Jawa Timur, hingga meninggal dunia. (Foto istimewa)

Kami telah mengamankan pemilik anjing tersebut di mapolres dan meminta keterangan. Ia resmi ditahan. Kepada pelaku disangkakan Pasal 359 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) karena lalainya mengakibatkan orang meninggal dunia
Kediri (Antaranews Jatim) - Pemilik anjing pitbull yang telah menggigit seorang kakek, warga Desa Purworejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, hingga meninggal dunia ditahan oleh aparat Kepolisian Resor Kediri.

"Kami telah mengamankan pemilik anjing tersebut di mapolres dan meminta keterangan. Ia resmi ditahan. Kepada pelaku disangkakan Pasal 359 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) karena lalainya mengakibatkan orang meninggal dunia," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Kediri AKP Muklason di Kediri, Senin malam.

Pihaknya mengatakan, telah melakukan pemeriksaan secara intensif pada pemilik anjing pitbull, yaitu NAZ (46), (sebelumnya Wiji), warga Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi. Dari hasil pemeriksaan diketahui saat kejadian anjing miliknya tidak dalam keadaan diikat.

"Saat kejadian anjing tidak dirantai. Jadi, kami periksa pemilik anjing apakah ada unsur kelalaian atau tidak. Pemeriksaan berlangsung sejak pagi tadi, hingga resmi ditahan," katanya.

Sementara itu, anjing jenis pitbull tersebut saat ini masih berada di Mapolres Kediri. Polisi ke depannya akan merapatkan untuk melakukan tindakan pada dua anjing tersebut, termasuk apakah diserahkan ke pemerhati hewan atau tindakan lainnya.

Sebelumnya, seorang warga bernama Sarju (73), warga Desa Purworejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, meninggal dunia setelah digigit oleh anjing jenis pitbull, Minggu (21/1). Korban saat itu hendak mencari kayu bakar di pekarangan kosong dekat dengan kandang milik pemilik anjing tersebut.

Korban ditemukan warga dalam keadaan telentang dan bersimbah darah di sekitar lokasi kejadian. Di beberapa anggota tubuhnya ditemukan cakaran dan gigitan dari anjing tersebut. Ia sempat dibawa ke rumah sakit, tapi nyawanya tidak tertolong dan meninggal dunia.

Pemilik kandang sengaja memelihara anjing dan ditempatkan di sekitar kandang. Pemilik juga tidak tentu untuk merantai anjingnya, namun lebih sering anjing itu dilepas.

Para tetangga sebenarnya sudah sering mengadukan keberatan jika pemilik kandang memelihara anjing. Warga khawatir akan digigit oleh anjing itu. Selama ini, anjing jenis pitbull dikenal sebagai anjing pemburu.  (*)
Pewarta :
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar