Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, sepakat bekerja sama dalam penggunaan aplikasi bidang pemerintahan dan pengelolaan sampah terpadu.

Komitmen kerja sama kedua lembaga pemerintahan itu, tertuang dalam nota kesepakatan bersama yang ditandatangani di Pendopo Agung Pemkab Bangkalan, Jawa Timur, Jumat.

"Salah satu bentuk kerjasamanya, Pemkot Bandung menghibahkan beberapa sistem aplikasi pemerintahan yang mereka miliki, dan Pemkab Bangkalan bersedia memberikan arahan dan pendidikan mengenai Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) milik Kabupaten Bangkalan," kata Penjabat Bupati Bangkalan Arief M Edie.

Metode baru dalam pengelolaan sampah yang dilakukan Pemkab Bangkalan, menjadi daya tarik bagi Pemkot Bandung, karena dapat mempercepat proses pengelolaan sampah dibandingkan dengan metode konvensional yang selama ini diterapkan di kota itu.

"Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pemerintahan dan pengelolaan sampah di Kabupaten Bangkalan, serta mempererat hubungan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bangkalan," kata Arief.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Bandung A Koswara menyatakan, pihaknya memiliki ratusan aplikasi di bidang pemerintahan yang bisa mempermudah kerja pemerintahan di berbagai sektor.

"Kami mempersilahkan aplikasi ini digunakan oleh Pemkab Bangkalan. Kami memiliki 256 aplikasi untuk mempermudah kerja pemerintah dalam berbagai sektor, silahkan dipilih sesuai kebutuhan Pemkab Bangkalan," ujar Koswara.

Sebagaimana Penjabat Bupati Bangkalan Arife M Edie, Penjabat Wali Kota Bandung A Koswara yakin, pola kerja sama saling menguntungkan seperti itu, bisa menekan biaya, sehingga bisa lebih efisien dari sisi penggunaan anggaran.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024