Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa membuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi pedagang dan pembeli saat melakukan kampanye di Pasar Kapasan, Surabaya, Jumat.

Pemeriksaan yang dilayani adalah pemeriksaan gula darah, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan asam urat dan juga kolesterol.

"Jadi untuk pemeriksaan ini sudah sepakat kalau kita turun ke pasar, seperti di Pasar Wonokromo, Pasar Keputran, hari ini juga buka di Pasar Kapasan. Ini adalah upaya kita mewujudkan kampanye riang gembira, seneng bareng," ujar Khofifah.

Dengan layanan ini, para pedagang yang misalnya ada keluhan kesehatan, namun belum bisa ke Puskesmas atau layanan kesehatan karena harus berjualan, maka mereka cukup periksa ke layanan kampanye Khofifah-Emil.

Baca juga: Khofifah-Emil siapkan program khusus kesehatan mental

Tidak hanya itu, Khofifah juga menyebut bahwa selama layanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi dari para masyarakat yang ada di pasar tradisional.

“Jadi ini bisa dialog juga dengan mereka, maka layanan ini salah satu pola problem solving," katanya.

Gubernur Jatim periode 2019-2024 menegaskan bahwa pasar selalu menjadi tempat kunjungan kampanye setiap hari. Bahkan setiap keliling daerah, tempat pertama selalu adalah pasar tradisional.

"Pasar itu penyemangat bagi saya. Setiap saya ke pasar bertemu pedagang, penjual maupun pembeli selalu banyak doa. Itu yang saya temukan. Kalau semangat pagi itu ya semangat di pasar," ujarnya.

Selain itu, pasar tradisional juga menjadi perhatiannya untuk selalu dijaga dan dilindungi. Termasuk secara infrastruktur, harus terus disempurnakan agar pedagang dan pembeli bisa nyaman selama ada di pasar tradisional.

"Yang selalu saya sampaikan pasar tradisional harus dijaga dan dilindungi. Kalau infrastruktur kurang maksimal harus disempurnakan. Digital ekosistem memang sudah harus masuk di pasar tradisional. Jadi, berapa banyak pedagang menyampaikan agak sepi, saya rasa memang itu adalah realitas hari ini dimana mereka harus berkompetisi dengan pasar digital," kata Khofifah.

Sementara itu, Maryam, salah satu pedagang yang memanfaatkan layanan pemeriksaan kesehatan menyampaikan terima kasih pada Khofifah-Emil. Menurutnya sangat terbantu.

"Biasanya tidak sempat ke puskesmas. Dengan ada pemeriksaan begini, bisa periksa gratis. Hasilnya tadi tensinya tinggi, tadi alhamdulillah dikasih amalan oleh Bu Khofifah supaya banyak rejeki," ujarnya.

Pilkada Jawa Timur 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Nur Hamidah-Lukmanul Khakim dengan nomor urut 1, lalu Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dengan nomor urut 2, dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta dengan nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024