Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak menyiapkan program kesehatan mental yang khusus menargetkan remaja dan generasi muda untuk mencegah peningkatan kasus gangguan mental dan bunuh diri.

"Kesehatan mental adalah tanggung jawab bersama. Dengan meningkatkan empati dan kepedulian, kita lebih peka terhadap orang di sekitar kita dan lebih terbuka untuk memberikan dukungan kepada mereka yang mengalami masalah mental,” ujar Khofifah di Surabaya, Kamis.

Menurut Khofifah, tantangan mental anak muda semakin besar dengan tekanan sosial, akademik, dan media sosial.

"Banyak anak muda yang merasa terisolasi atau mengalami kecemasan akibat tekanan ini. Penting bagi kita semua untuk menciptakan lingkungan yang mendukung, agar mereka merasa aman berbagi dan mencari bantuan," ujarnya.

Juru Bicara Muda Khofifah-Emil dr. Makhyan Jibril menyampaikan bahwa pasangan ini adalah satu-satunya kandidat yang secara spesifik mencantumkan program kesehatan mental dalam visi misinya.

"Program Mental Wellness and Happiness Center akan mendatangi SMA dan komunitas-komunitas muda yang berisiko tinggi mengalami gangguan mental. Ini langkah proaktif untuk memastikan anak muda mendapatkan dukungan yang tepat untuk mencegah gangguan mental," ujar dr. Jibril.

Dengan program ini, diharapkan kasus bunuh diri di kalangan anak muda dapat ditekan dan kesejahteraan mental mereka terjaga.

Sementara itu, Konselor Psikologi Klinis Heraldha Savira mengatakan kesehatan mental adalah hak semua orang.

"Kita sering menghadapi tekanan sosial dan emosional yang memengaruhi kesejahteraan diri. Artinya sudah saatnya program kesehatan mental makin diperluas aksesnya untuk anak muda," ujar Juru Bicara Muda Khofifah-Emil itu.

Dia mengajak semua pihak untuk menciptakan lingkungan di mana kita merasa aman mengekspresikan diri dan mencari bantuan saat dibutuhkan.

Pilkada Jawa Timur 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Nur Hamidah-Lukmanul Khakim dengan nomor urut 1, lalu Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dengan nomor urut 2, dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta dengan nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024