Lembaga Manajemen Infaq (LMI) menggandeng 50 lembaga lainnya untuk mengadakan kegiatan Resik Kali yang berlokasi di Kali Jatisrono, Wonokusumo, Kecamatan Semampir, Surabaya guna mewujudkan lingkungan bersih bebas sampah.

Ketua penyelenggara dari pihak LMI, Dani dalam keterangannya, Selasa mengatakan bantuan yang diberikan dari berbagai lembaga sangat melancarkan aksi Resik Kali, akan tetapi antusiasme masyarakat sekitar untuk membantu masih kurang.

"Support dan bantuan dari lembaga itu banyak, dari perahu, peralatan, dan konsumsi, tapi disayangkan warga yang hadir hanya dua persenan begitu, kita juga perlu melatih mental masyarakatnya juga akan sadar dan peduli dengan lingkungannya,” katanya.

Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Rahim mengatakan aksi ini sangat membantu pemerintah terutama dalam mengatasi pencemaran lingkungan.

"Kegiatan ini sangat membantu kami dari sisi pemerintah yang sebenarnya tugas kami dan sangat mengapresiasi sebesar-besarnya untuk LMI," ucapnya.

Relawan yang hadir tidak hanya dari lembaga saja, dari tenaga pendidikan seperti siswa, guru, dan mahasiswa ikut bergabung dan menjadi bagian dalam aksi ini.

Aksi ini dapat mengurangi sampah di kali yang tentunya mencemari air sungai dan laut, menyadarkan masyarakat untuk lebih peka terhadap kondisi lingkungan yang tercemar untuk menuju kota Surabaya yang bersih.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024