Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menetapkan nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Karna Suswandi-Nyai (Karunia) dan Yusuf Rio Wahyu Prayogo-Ulfiyah, Senin (23/9) malam.

Dalam proses pengundian nomor urut, pasangan calon Rio Wahyu Prayogo-Ulfiyah mendapatkan nomor urut 1, sedangkan pasangan petahana, Karna Suswandi-Nyai Khoirani mendapatkan nomor urut 2.

"Alhamdulillah malam ini kami sudah melaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Situbondo," kata Ketua KPU Kabupaten Situbondo Hadi Prayitno setelah pengundian nomor urut pasangan calon Pilkada 2024 di halaman KPU Kabupaten Situbondo.

Baca juga: Ratusan polisi diterjunkan pengamanan pengundian nomor cabup-cawabup

Pada Selasa (24/9), lanjut dia, KPU telah menjadwalkan pelaksanaan deklarasi pilkada damai dengan mengundang dua pasangan calon Rio-Ulfiyah dan Karna Suswandi-Nyai Khoirani (Karunia), Forkopimda dan partai pengusung dan pendukung serta pemangku kepentingan lainnya.

Hadi Prayitno menyampaikan, setelah penetapan nomor urut dan deklarasi pilkada damai, tahapan selanjutnya yakni kampanye yang akan dimulai tanggal 25 September hingga 23 November 2024.

"Kampanye akan dimulai tanggal 25 September, sampai H-3 pemungutan suara atau hari pencoblosan pada tanggal 27 November 2024," kata dia.

Calon bupati dan calon wakil bupati nomor urut 2, Karna Suswandi dan Nyai Khoirani (Karunia) diusung dan didukung oleh Partai Gerindra, Partai Demokrat, Perindo, Gelora, PAN, PBB, Garuda, PKS.

Untuk pasangan calon nomor urut 1, Yusuf Rio Wahyu Prayogo dan Ulfiyah diusung dan didukung Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, Golkar, PDI Perjuangan, PPP, Nasional Demokrat atau NasDem, Hanura, PSI.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024