Kepolisian Resor Situbondo, Jawa Timur, menerjunkan ratusan personel untuk pengamanan tahapan pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Situbondo Kompol Slamet Santoso mengaku bahwa sebelum ratusan personel diterjunkan telah dilakukan simulasi tactical floor game (TFG) untuk mempersiapkan pengamanan pengambilan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati yang dilaksanakan di halaman KPU setempat.

"TFG merupakan metode simulasi taktis operasional Polri untuk mempersiapkan strategi dalam pengamanan pilkada, dan persiapan teknis pengamanan pengambilan nomor urut menjadi fokus pengamanan," ucapnya kepada wartawan di Situbondo, Senin (23/9) malam.

Menurut Kompol Slamet, pengamanan pengundian nomor urut pasangan calon Karna Suswandi - Nyai Khoirani dan Yusuf Rio Wahyu Prayogo - Ulfiyah ada sekitar 200 personel diterjunkan dan disiagakan di sejumlah titik rawan untuk memastikan keamanan proses tahapan.

Dia menegaskan bahwa persiapan pengamanan pengambilan nomor urut pasangan calon menjadi salah satu fokus utama Polres Situbondo untuk memastikan acara ini berjalan tertib dan kondusif mulai keberangkatan hingga selesai.

"Akses masuk ke kantor KPU Situbondo kami perketat dan kami juga melakukan sterilisasi kantor KPU dan pemeriksaan barang bawaan menggunakan alat metal detector," ucap Kompol Slamet.

Dari pantauan, selain menerjunkan ratusan personel dalam pengamanan tahapan pengundian nomor urut pasangan calon, polisi juga membuat tiga sekat 500 meter ke kantor KPU untuk antisipasi.​​​​​​​

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024