PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mencatat jumlah pengguna layanan kereta api jarak jauh di Stasiun Malang selama masa libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad, terhitung sejak 13-16 September 2024 mencapai 32.562 penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif di Kota Malang, Selasa, menyatakan jumlah penumpang yang mencapai puluhan ribu tersebut merupakan akumulasi dari jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang dari Stasiun Malang.

"Pada tanggal 13-16 September 2024 keberangkatan 16.674 penumpang dan kedatangan 15.888 penumpang," kata Luqman.

Berdasarkan data PT KAI Daop 8 Surabaya, total keberangkatan 16.674 penumpang dari Stasiun Kota Malang pada momen tersebut mengalami peningkatan sebesar 5.562 orang dari angka sebelumnya 11.112 penumpang pada 6-9 September 2024.

Sedangkan untuk jumlah kedatangan pengguna kereta api sejak tanggal 13-16 September 2024 sebanyak 15.888, meningkat 4.990 orang dari periode sebelumnya di bulan yang sama sebanyak 11.684 penumpang.

Dengan begitu, maka jumlah keseluruhan kedatangan dan keberangkatan penumpang dengan kereta api jarak jauh di Stasiun Malang, pada masa libur panjang Maulid Nabi Muhammad mengalami kenaikan sebanyak 9.766 orang.

Luqman menyatakan bahwa perjalanan dengan kereta api jarak jauh didominasi tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember, dan Banyuwangi.

Adapun beberapa kereta api yang menjadi favorit pelanggan di Daop 8 Surabaya, yakni KA Tawangalun relasi Malang Kotalama-Ketapang, KA Majapahit relasi Malang-Purwokerto, dan KA Malabar relasi Malang-Bandung.

"KAI menyampaikan apresiasi kepada para penumpang yang telah mempercayakan perjalanan mereka menggunakan kereta api selama liburan panjang Maulid Nabi Muhammad SAW," ujarnya.

PT KAI juga terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dengan mengutamakan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan.

"Dengan ekosistem layanan yang semakin baik, KAI berusaha menjadikan kereta api sebagai pilihan utama transportasi masyarakat Indonesia, terutama saat musim liburan," kata Luqman.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024