Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menyatakan dua bakal pasangan calon (bapaslon) bupati-wakil bupati setempat menjalani pemeriksaan kesehatan di RSAL Dr Ramelan Surabaya.

Dua bakal pasangan calon tersebut adalah Achmad Fauzi Wongsojudo-KH Imam Hasyim dan Ali Fikri-Muh Unais Ali Hisyam.

"Kedua bakal paslon sama-sama mulai menjalani pemeriksaan kesehatan pada Sabtu ini di RSAL Surabaya," kata komisioner KPU Sumenep Abdul Aziz melalui telepon dari Surabaya, Sabtu.

Pemeriksaan kesehatan bagi bakal dua pasangan calon itu akan berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu (1/9).

Pada Sabtu, tim dokter RSAL Surabaya melakukan tes kesehatan bagi dua bakal pasangan calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2024 itu sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Sementara pada Minggu (1/9) dijadwalkan sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

"Sesuai regulasi dari KPU RI, kami sudah harus menerima hasil pemeriksaan kesehatan para bakal pasangan calon dari rumah sakit yang telah ditentukan itu pada Senin (2/9)," kata Aziz.

Sebagai informasi, ada dua bakal pasangan calon yang mendaftar sebagai kandidat Pilkada Sumenep 2024 ke KPU setempat, yakni Achmad Fauzi Wongsojudo-KH Imam Hasyim dan Ali Fikri-Muh Unais Ali Hisyam.

Fauzi-Kiai Imam diusung gabungan delapan partai politik, diantaranya PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan didukung dua parpol lainnya.

Sementara Fikri-Unais diusung gabungan dua parpol, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan didukung lima parpol lainnya.

Pilkada Serentak 2024 termasuk Pilkada Sumenep 2024 akan dilaksanakan pada 27 November.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024