Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, hingga hari ketiga atau hari terakhir tahapan pendaftaran telah menerima dua pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada Serentak 2024.

Pada hari terakhir, pasangan calon Rio Wahyu Prayogo dan Ulfiyah mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati, sedangkan pasangan calon petahana Karna Suswandi dan Nyai Khoirani (disingkat Karunia) mendaftar pada hari pertama, tepatnya Selasa (27/8).

"Tahapan pendaftaran Pilkada Serantak 2024 hari ini adalah hari terakhir dan akan ditutup sampai dengan pukul 23:59 WIB," kata Ketua KPU Kabupaten Situbondo Hadi Prayitno kepada wartawan di Situbondo, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa untuk mendaftar sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terdapat dua persyaratan, yakni syarat calon dan syarat pencalonan.

Persyaratan untuk syarat pencalonan di antaranya rekomendasi dari partai politik pengusung dan pendukung, surat pernyataan serta daftar riwayat hidup dan lainnya, sedangkan syarat calon seperti ijazah dan lainnya.
 
Pasangan calon Karna Suswandi dan Nyai Khoirani konferensi pers usai mendaftar ke KPU Situbondo, Jawa Timur. Kamis (29/8/2024) ANTARA/Novi Husdinariyanto


"Jadi setelah ini dua berkas atau dokumen dua pasangan calon yang kami terima dinyatakan lengkap, selanjutnya dilakukan verifikasi terkait dengan keabsahannya," papar Hadi Prayitno.

Setelah dilakukan verifikasi sampai dengan tanggal 3 September 2024, lanjut dia, juga masih ada tahapan perbaikan dan selanjutnya KPU menetapkan pasangan calon pada tanggal 22 September mendatang.

"Mengenai tes kesehatan sudah mulai dilaksanakan, bagi pasangan calon yang pertama kali mendaftar dijadwalkan pada 30-31 Agustus," katanya.

Informasi dihimpun ANTARA, pasangan calon Karna Suswandi dan Nyai Khoirani diusung dan didukung oleh Partai Gerindra, Partai Demokrat, Perindo, Gelora.

Sedangkan pasangan calon Rio Wahyu Prayogo dan Ulfiyah diusung dan didukung Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, Golkar, PDI Perjuangan, Nasional Demokrat atau NasDem, Hanura, PSI, PPP.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024