Sebanyak 39 dokter gigi baru Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya akan mengikuti program internship (magang) selama enam bulan usai Pengambilan Sumpah Dokter Gigi Angkatan LXXVIII di kampus setempat, Jumat.

"Para dokter gigi baru ini sudah berhasil lulus ujian kompetensi nasional dan mereka sedang bersiap mengikuti internship," kata Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UHT Laksamana Pertama TNI (Purn) Dr. drg. Nora Lelyana.
 
Dalam magang itu, para lulusan FKG UHT akan ditempatkan di wilayah yang telah ditentukan oleh pemerintah, kemudian langsung melakukan praktik dengan surat izin praktik (SIP) sementara.
 
Baca juga: UHT Surabaya ambil sumpah 37 dokter gigi baru

"Penempatannya di seluruh Indonesia, di daerah akan bisa menambah dan mengembangkan softskill mereka akan berbagai kasus gigi dan mulut," kata Nora.
 
Dia berpesan kepada para dokter gigi baru agar tetap mengamalkan ilmu dan memegang teguh kode etik kedokteran gigi saat menjalani magang.
 
“Dengan memegang teguh dan mengamalkan kode etik kedokteran gigi, insyaallah mereka dapat melaksanakan tugas secara profesional dan bermanfaat untuk masyarakat dan taat pada hukum,” tuturnya.
 
Sementara, salah satu dokter gigi muda yang diambil sumpahnya, drg Thalia Violitha mengungkapkan rasa bahagianya bisa menuntaskan pendidikan dan koasnya dengan lancar. Ia pun sangat antusias untuk bisa menjalani masa magang untuk mengembangkan kemampuannya.
 
"Selama kuliah sudah praktik dan tahu penanganan dasar. Perlu lebih banyak praktik supaya bisa menangani banyak kasus yang lebih sulit," ungkapnya.
 
Thalia mengungkapkan melalui internship atau magang tersebut ia berharap bisa melatih kemampuannya untuk menjadi dokter gigi yang fokus pada estetika.
 
"Penginnya lebih fokus ke estetik, mendalami ke sana karena kebutuhannya cukup tinggi dan memang nggak mudah untuk perawatan dengan fokus di kecantikan," katanya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024