Kota Madiun berhasil mendapatkan penghargaan tingkat nasional yakni pemerintah kabupaten/kota atas penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas 2024.

Penghargaan diberikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo kepada Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 di Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

"Alhamdulillah, kita tidak hanya berhasil mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas, tetapi juga berhasil menjaga konsistensi untuk selalu meraih penghargaan di tiap tahun," ujar Pj Wali Kota Eddy dalam keterangannya.

Menurutnya, penghargaan tersebut tak lepas dari peran Pemerintah Kota Madiun bersama masyarakat dalam mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas di Madiun Kota Pendekar.

Salah satu buktinya, Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Sejahtera Kelurahan Klegen yang berhasil mendapatkan penghargaan nasional pada 2023. Kampung KB Sejahtera kala itu menjadi wakil Jawa Timur berhasil meraih predikat terbaik nasional.

Selain itu, untuk urusan keluarga berkualitas di Kota Madiun juga pernah ditunjuk Pemerintah Pusat sebagai lokasi studi tiru delegasi Pemerintah Republik Kenya untuk urusan penanganan KB setelah kelahiran.

Pj Wali Kota Eddy berharap penghargaan tersebut harus terus dijaga dan ditingkatkan. Keluarga berkualitas tidak hanya dua anak cukup. Tetapi juga sehat dan memiliki SDM yang berkualitas.

Karenanya, Pemerintah Kota Madiun juga memberikan perhatian menyeluruh. Dimulai dari sebelum kehamilan, persalinan, hingga setelah melahirkan.

"Keluarga berkualitas tidak hanya dua anak cukup. Tetapi jarak kelahirannya diperhatikan, tumbuh kembang diperhatikan, dan lainnya. Harapannya, anak-anak yang lahir dari keluarga berkualitas ini adalah generasi yang juga berkualitas," katanya.*

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024