Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyebut sebanyak 875.017 warga setempat masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Rinciannya 413.799 laki-laki dan 461.218 perempuan yang tersebar di 334 desa/kelurahan di 27 kecamatan se-Sumenep," kata komisioner KPU Sumenep Syaifurrahman di Sumenep, Ahad.

Ia menjelaskan DP4 adalah data dari Kementerian Dalam Negeri yang diterima KPU RI dan selanjutnya disinkronisasi dengan daftar pemilih tetap pemilu terakhir.

Data secara nasional tersebut kemudian dipilah per daerah dan selanjutnya diserahkan ke KPU kota/kabupaten melalui KPU provinsi.

"Beberapa hari lalu, kami sudah menerima DP4 untuk Pilkada Serentak 2024 di Sumenep dari KPU Jawa Timur dan selanjutnya akan menjadi pedoman untuk pemetaan tempat pemungutan suara (TPS)," kata Syaifurrahman, menerangkan.

Melalui pemetaan TPS, nama-nama warga yang tercatat dalam DP4 akan dibagi menjadi per TPS di masing-masing desa/kelurahan.

Hasil pemetaan TPS itu nantinya dimasukkan ke aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KPU RI dan selanjutnya menjadi dasar untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di lapangan.

"DP4 itu data awal yang akan kami tindaklanjuti dengan serangkaian proses verifikasi untuk penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Artinya, jumlah data akhir pemilih memang bisa berubah atau tidak sama dengan DP4," kata Syaifurrahman, menambahkan.

Sesuai jadwal tahapan yang ditetapkan KPU RI, hari "H" Pilkada Serentak 2024 pada 27 November.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024