Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur melantik sebanyak 85 orang panitia pemilihan kecamatan atau ppk untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024, Kamis.

Pelantikan 85 orang ppk yang akan bertugas di 17 kecamatan ini dilakukan setelah mereka lolos seleksi administrasi, tes tulis berbasis komputer dan tes wawancara beberapa waktu lalu.

"Teman-teman ppk hari ini sudah dilantik, dan selanjutnya kami akan segera memberikan bimbingan teknis (bimtek) termasuk mereka segera memilih ketua ppk di masing-masing kecamatan," ujar Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto usai melantik puluhan ppk di aula salah satu hotel di Situbondo.

Penekanan pertama kepada ppk yang baru dilantik, lanjut dia, langsung bekerja menjalankan tahapan pemilihan kepala daerah karena tahapan sudah berjalan.

Baca juga: KPU Situbondo catat jumlah TPS berkurang pada Pilkada 2024

Dan yang perlu dikawal, kata Marwoto, adalah proses rekrutmen panitia pemungutan suara atau pps yang saat ini sedang berlangsung tes tulis berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT),

"Selain itu, nantinya PPK juga harus bekerja melakukan komunikasi dengan panitia pemungutan suara (pps) dan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) karena data pemilih dalam pemilihan umum atau DP4 sudah diterima KPU," ujarnya.

Sementara itu, KPU Kabupaten Banyuwangi pada hari ini juga melantik sebanyak 125 orang panitia pemilihan kecamatan (ppk) yang nantinya mereka bekerja tersebar di 25 kecamatan.

Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi Dwi Anggraini mengemukakan bahwa sebanyak 125 ppk yang sudah dilantik dan disumpah tersebut agar bekerja sesuai aturan dan berpegang pada kode etik sebagai penyelenggara pemilihan kepala daerah di tingkat kecamatan.

"Mereka (ppk) sudah disumpah dan membacakan pakta integritas, harapan kami itu menjadi pedoman dalam menjalankan tugas," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024