Petugas Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Madiun melakukan pemeriksaan kebersihan atau higienis makanan dan minuman yang dijual di sejumlah stan toko dan kios di Terminal Tipe A Purboyo.

Kepala Dinkes PPKB Kota Madiun, dr. Denik Wuryani di Madiun, Jumat mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk memastikan bahwa makanan dan minuman yang dijual oleh pedagang di lokasi setempat terbebas dari bahan berbahaya, tidak kedaluwarsa, dan tetap higienis.  

"Pemantauan ini merupakan imbauan dari Kementerian Kesehatan agar kami melaksanakan pemeriksaan di tempat-tempat umum seperti terminal, utamanya dalam momentum menjelang peringatan hari besar keagamaan seperti Lebaran 2024," ujar dr. Denik Wuryani. 

Dalam pemantauan itu, tim Dinkes PPKB melakukan pengecekan pada pedagang makanan dan minuman di dalam dan luar terminal. Untuk makanan kemasan, petugas memeriksa izin edar dan tanggal kedaluwarsa makanan.

Sedangkan untuk makanan siap saji, petugas mengimbau pedagang agar lebih higienis. Seperti menutup makanan dengan tudung saji atau minimal dengan kertas nasi. Kemudian, menggunakan alat bantu seperti capit makanan. Juga, mengenakan APD seperti sarung tangan dan celemek.

Subkoordinator Farmasi, Alat Kesehatan, dan Makanan-Minuman Dinkes PPKB Kota Madiun, Suparida mengungkapkan bahwa dalam pemeriksaan tersebut petugas menemukan satu minuman kemasan yang sudah lewat tanggal masa berlakunya.

"Untuk itu kami minta pedagang menarik barang tersebut dari rak pajangan," kata dia.

Melalui sidak atau pemeriksaan tersebut, Suparida berharap pedagang bisa lebih memperhatikan makanan dan minuman yang dijualnya. Serta, memberikan rasa aman bagi pembeli.

"Perhatikan kebersihan wadah atau tempat makanan dan lingkungan sekitar toko atau tempat makan dan sediakan tempat sampah," tutur dia.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024