SMA Al Muslim Jawa Timur mengadakan kegiatan Sahur On The Road dimana para siswa yang di dampingi oleh guru membagikan makanan sahur di sekitar Masjid Agung Sidoarjo dan Alun-alun Sidoarjo pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan 1445H.

Kepala SMA Al Muslim Mahmudah di Sidoarjo, Senin mengatakan pelaksanaan tersebut diikuti perwakilan siswa kelas X dan kelas XI.

"Sebelum pelaksanaan berbagi sahur, siswa berkumpul di sekolah. Dikarenakan kegiatan berlangsung dini hari yaitu pukul 01.30 WIB, setelah persiapan para siswa berangkat menuju lokasi berbagi makanan sahur," ujarnya.

Ia mengatakan, tujuan kegiatan Sahur On The Road berbagi makanan sahur yakni untuk mengajarkan siswa untuk berbagi terhadap sesama, apalagi para siswa juga akan diajak memahami indahnya berbagi di bulan Suci Ramadhan.

"Harapannya para siswa akan semakin tumbuh rasa peduli terhadap lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk menumbuhkan sikap empati pada sesama harus ditanamkan sejak dini dan tetap terus ditumbuhkan, karena jika tidak sikap tersebut akan hilang dengan sendiri.

"Di bulan Ramadhan inilah kesempatan untuk menempa diri agar menjadi pribadi yang lebih baik," ucapnya.

Ia mengatakan, sewaktu membagikan terlihat respons bahagia dari orang-orang yang menerima makanan sahur yang diberikan.

"Berbagi sahur menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan apalagi ketika melihat penerima makanan sahur yang senang," ujarnya.

Ia menambahkan, selain mengajarkan makna indahnya berbagi kepada siswa yang ikut, berbagi makanan sahur yang membuat siswa terjun langsung ke lapangan diharapkan menjadi pengalaman dan kenangan yang menyenangkan perihal berbagi bersama di bulan Suci Ramadhan.

"Kegiatan di akhiri dengan membersihkan sampah sisa makanan sahur, dan mereka lanjut persiapan solat subuh di Masjid Agung Sidoarjo," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024