Kepolisian Resor Sumenep, Madura, menerjunkan tim medis untuk mengecek kondisi kesehatan petugas keamanan dan penyelenggara Pemilu 2024, Sabtu.

"Kami ingin mengecek kesiapan anggota yang mengamankan logistik dan rekapitulasi penghitungan suara di PPK Bluto dan Pragaan. Kami sekalian mengajak tim dokkes untuk mengecek kondisi kesehatan anggota dan penyelenggara pemilu," kata Kapolres Sumenep AKBP Henri Noveri Santoso di Sumenep.

Kegiatan itu untuk memastikan kondisi petugas keamanan dalam kondisi sehat setelah bertugas sepenuh waktu sejak hari "H" Pemilu 2024 hingga sekarang.

Kondisi tersebut dikhawatirkan membuat fisik dan psikis petugas keamanan menurun, tentunya harus diantisipasi agar proses pengamanan tahapan pemilu tetap berjalan sesuai rencana dan prosedur.

"Kondisi yang melelahkan ini juga berpotensi dialami oleh penyelenggara pemilu. Ini harus diantisipasi. Selain pemeriksaan dasar kondisi kesehatan, kami juga memberikan vitamin bagi mereka," kata AKBP Henri.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten dan kota.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Kemudian, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu 2024 telah dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada Rabu, 14 Februari 2024.

Sementara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Di Sumenep, Daftar Pemilih Tetap (DPT) setempat sebanyak 877.135 orang, dengan rincian 414.340 laki-laki dan 462.795 perempuan, yang tersebar di 3.863 TPS pada 334 desa/kelurahan di 27 kecamatan.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024