Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam upaya penegakan dan penguatan edukasi hukum bagi masyarakat setempat.

Wahyu Hidayat di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat, mengatakan bahwa berkembangnya informasi melalui digitalisasi menjadi tantangan tersendiri dalam memberikan edukasi khususnya di bidang hukum.

"Ini menjadi sarana menyamakan visi tentang bagaimana sebagai penyelenggara negara memberikan edukasi hukum di tengah masyarakat, terlebih perkembangan Kota Malang ini cukup pesat, penduduknya sangat heterogen, ini peluang sekaligus tantangan," kata Wahyu.

Dalam kesempatan itu, Wahyu menghadiri pisah sambut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kota Malang Heri Azhari yang digantikan oleh Ketut Akbar Herry Achjar.

Menurut dia, saat ini banyak informasi yang justru diartikan berbeda dari makna dan tujuan awal.

Informasi yang berkaitan dengan penegakan hukum, kata dia, menjadi permasalahan yang harus diluruskan agar tidak ada salah tafsir. Terlebih, dalam era digital seperti saat ini banyak tantangan yang harus dijawab.

"Tantangannya lebih pada informasi yang bisa saja dimaknai salah dan berbeda dari maksud dan tujuan yang terkandung di dalamnya. Ini bisa jadi masalah bagi penegakan hukum karena ketidakpahaman masyarakat," tambahnya.

Dengan pejabat Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kota Malang yang baru, dia berharap mampu melanjutkan sinergi dengan Pemerintah Kota Malang yang selama ini telah terjalin dengan baik.

"Khususnya dalam menghadapi dinamika yang terjadi sekaligus sebagai penguatan sinergitas antara Pemerintah Kota Malang dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kota Malang," katanya.

Ia juga mengajak semua pihak bersama dengan Pemerintah Kota Malang untuk menguatkan sosialisasi tentang pentingnya pemahaman terhadap hukum. Hal itu merupakan fondasi penting dalam tatanan masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang sadar dan taat hukum.

"Ini tugas kita bersama, saya selaku Pj. Wali Kota Malang juga masih baru 10 hari, dan kebetulan kalapas juga baru, jadi saya mengajak beliau dan kita semua mari kita bangun tatanan masyarakat yang sadar hukum," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023