Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Karimunjawa Surabaya menekankan pentingnya perlindungan atas jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pengemudi dalam jaringan (daring) di kota setempat.
 
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa Adventus Edison Souhuwat yang akrab dipanggil Sonny Rabu mengatakan seluruh masyarakat pekerja di berbagai sektor Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Jasa Konstruksi (Jakon) sangat butuh Perlindungan program BPJamsostek.
 
"Tak terkecuali bagi Grab Partners yakni driver, merchant, GrabKiosk Agent, klub juragan GrabExpress seller dan OVO merchant butuh perlindungan dalam program jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM) BPJamsostek sangat diperlukan," ujarnya.
 
Jaminan sosial yang diberikan bertujuan untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi seluruh Grab Partners di Area Surabaya dalam menjalankan aktivitas bekerja sehari-harinya, khususnya untuk melindungi jika terjadi risiko JKK-JKM. 
 
Ia mengatakan secara simbolis telah diserahkan Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (KPJ) kepada dua orang sebagai pengemudi dan merchant grab atas nama Fonny Dwi Mariyani dan Indriati.
 
“Sesuai dengan amanat undang-undang, untuk kejadian kecelakaan kerja akan diberikan layanan pengobatan dan perawatan sampai yang bersangkutan sembuh atau pengobatan dinyatakan selesai secara medis, tanpa ada batasan biaya sesuai kebutuhan medis, dan penggantian penghasilan selama sakit juga kami bayarkan. Itu sudah jadi komitmen kami,” ujar Sonny.
 
Sonny menjelaskan, jika peserta mengalami risiko meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja maka ahli waris akan mendapatkan santunan kematian sebesar Rp42 juta. Jika rutin membayar iuran selama 3 tahun maka 2 anak dari pekerja mendapatkan beasiswa dengan total Rp174 juta.
 
"Kami selalu berupaya memberikan perlindungan secara menyeluruh kepada semua seluruh Grab Partners di area Surabaya. Semoga niat mulia negara ini disambut dengan baik dengan mendaftar perlindungan sosial," tuturnya.
 
Perwakilan manajemen Grab Area Surabaya Steffani Wardana mengucapkan terima kasih pada BPJamsostek yang sudah selalu bersinergi bagi para pengemudi dan merchant Grab di Area Surabaya.
 
"Harapannya bisa bersinergi dan terlindung dalam aktivitas kerja di kesehariannya," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023