Wali Kota Madiun, Maidi bersama jajaran Forkopimda setempat melakukan pemantauan sejumlah objek vital dan fasilitas umum sebagai persiapan menghadapi perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran tahun 2023.

Sejumlah objek vital dan fasilitas umum yang ditinjau di antaranya adalah Bulog Madiun, Pasar Sleko, Pasar Besar Madiun, RSUD Kota Madiun, RSUD dr. Soedono Madiun, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia cabang Madiun, Stasiun Madiun, dan Depo Pertamina Terminal BBM Madiun.

"Hari ini kita keliling melakukan pemantauan bersama Forkopimda. Alhamdulillah semuanya sudah siap, tidak ada masalah. Sembako saya pastikan juga aman, 'ready' semua," ujar Wali Kota Maidi saat Pemantauan Komoditas Bahan Pokok dan Fasilitas Umum Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Kamis.

Maidi mengungkapkan bahwa Kota Madiun siap menyambut pemudik. Bahan kebutuhan pokok berada pada posisi stabil. Baik dari segi pasokan maupun harga. Begitu pula sektor nonpangan juga telah melakukan persiapan yang matang.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir dan dapat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dengan penuh sukacita.

"Semua kebutuhan menyambut Lebaran kita siapkan. Kita pantau apa yang kurang," kata dia.
 
Wali Kota Maidi bersama Forkopimda saat Pemantauan Komoditas Bahan Pokok, objek vital, dan Fasilitas Umum Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Kamis (13/4/2023), salah satunya di gudang Bulog Madiun dan Stasiun Madiun. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun


Maidi menyatakan, selain bahan pokok di pasaran yang stabil, stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji juga mencukupi sampai Lebaran nanti. Demikian juga sisi rumah sakit dan stasiun juga disiapkan untuk melayani masyarakat.

Dalam kegiatan pemantauan itu, ia juga memberikan sejumlah catatan yang harus ditindaklanjuti oleh OPD terkait. Diantaranya penambahan "kantong-kantong" parkir, utamanya di tempat-tempat yang ramai.

Sebab ia memprediksi akan banyak pengunjung yang datang ke Kota Madiun untuk mengisi libur lebaran. Apalagi, sejumlah destinasi wisata buatan telah disiapkan.

Kawasan wisata itu diantaranya  kawasan Pahlawan Street Center (PSC), Kawasan Taman Sumber Wangi, Pahlawan Religi Center (PRC) maupun kawasan Bogowonto Culinary Center (BCC) atau tempat kuliner di dalam gerbong kereta di Jalan Bogowonto.

"Yang perlu disiapkan adalah kantong parkir, karena pasti akan banyak yang datang ke Madiun. Kemudian arus lalu lintasjangan sampai macet," katanya.

Dengan berbagai persiapan tersebut, ia berharap agar kegiatan mudik dan balik Lebaran 2023 di Kota Madiun dapat berjalan lancar, aman, dan pemudik nyaman.(*)
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023