Pemerintah Kota Batu berupaya untuk menekan angka pengangguran di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, dengan menggandeng toko ritel modern guna membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Batu, Adek Iman Santoso di Kota Batu, Senin mengatakan perlu adanya langkah kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai elemen termasuk sektor swasta dalam pengisian lowongan pekerjaan guna menekan angka pengangguran.

"Kerja sama ini, merupakan bagian dari upaya untuk mengurangi pengangguran melalui kerja sama dengan PT Indomarco Pristama," kata Adek.

Adek menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Batu, wilayah tersebut memiliki angka pengangguran terbuka yang tertinggi kedua di Jawa Timur. Tercatat, pada 2022 angka pengangguran terbuka di Kota Batu mencapai 11.199 orang.

Menurut dia, dalam upaya untuk mengatasi permasalahan pengangguran terbuka tersebut, memang Pemerintah Kota Batu tidak bisa sendiri. Perlu kerja sama dari berbagai elemen termasuk sektor swasta.

"Permasalahan pengangguran tidak bisa kita tuntaskan sendiri, tetapi memerlukan kerja sama dengan berbagai elemen termasuk swasta," katanya.

Dalam kesempatan itu, kerja sama dengan PT Indomarco Prismatama akan melakukan perekrutan puluhan orang untuk mengisi sejumlah jabatan, termasuk perekrutan untuk menjadi pekerja selama Ramadhan.

Ia menambahkan, perekrutan tersebut, akan dilakukan setiap bulan, sesuai dengan kebutuhan toko ritel modern itu, termasuk dengan pihak swasta lainnya. Para pegawai yang diterima, menunjukkan kompetensi dan loyalitasnya terhadap perusahaan.

Dalam upaya untuk mengurangi angka pengangguran terbuka di Kota Batu, Dinas Tenaga Kerja juga berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga semakin kompetitif melalui sejumlah program pelatihan dan pengembangan SDM yang dibutuhkan pasar tenaga kerja saat ini.

"Saya yakin dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak maka angka pengangguran di Kota Batu semakin kecil. Tentunya peran penting Dinas Tenaga Kerja untuk meningkatkan kualitas SDM Kota Batu agar semakin kompetitif," katanya.

Ia juga berharap adanya partisipasi masyarakat yang memunculkan kreatifitas guna menciptakan lapangan kerja yang baru. Sehingga masyarakat bisa ikut berkontribusi dalam peningkatan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran.

"Kita juga berharap adanya kreatifitas yang tumbuh dari masyarakat kita, terutama generasi milenial, untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru, untuk bisa mengangkat masyarakat kita," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023