Kota Madiun dengan Kota Plzen (Republik Ceko) menyepakati menjalin kerja sama "Sister City" atau kota kembar yang meliputi bidang budaya pendidikan serta pariwisata kedua kota.

Kesepakatan menjalin kerja sama tersebut dilakukan dalam kunjungan kerja Wali Kota Madiun Maidi ke Republik Ceko yang didampingi oleh Pimpinan DPRD Kota Madiun.

Selama kunjungan kerja di Kota Plzen, Wali Kota Madiun Maidi didampingi Duta Besar RI untuk Republik Ceko Kenssy Dwi Ekaningsih dan bertemu dengan Wakil Wali Kota Plzen Mgr.etMgr. Lucie Kantorová.

"Alhamdulillah, saya bersama pimpinan dewan sudah mendarat di Ceko. Hari ini kita langsung bertemu dengan Ibu Dubes dan juga Wakil Wali Kota Plzen," ujar Wali Kota Maidi dalam akun Instagramnya @pakmaidi, Senin.

Dalam pertemuan itu menghasilkan sejumlah kesepakatan terkait dengan bidang pendidikan. Keduanya sepakat untuk mengenalkan kekayaan budaya masing-masing kepada anak sekolah. Rencananya perwakilan SD dan SMP dari kedua kota tersebut akan saling unjuk budaya dengan diawali secara virtual terlebih dahulu.

Wali Kota Maidi menyambut baik kerja sama itu. Pihaknya langsung menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menindaklanjuti.

"Tentu saja ini sesuatu yang baik. Anak-anak kita mungkin yang sudah cukup lancar berbahasa inggris akan kita pertemukan dengan anak-anak di sini (Ceko). Ini kerja sama yang terdekat. Saya minta untuk segera ditindaklanjuti," katanya.

Wali kota menyebut tentu ada banyak hal yang bisa dipelajari anak-anak nantinya. Khususnya dalam hal kebudayaan. Budaya Kota Plzen tentu berbeda dengan Kota Madiun.

Selain itu, Maidi menyebut masih ada banyak program kerja sama lainnya. Salah satunya di bidang pariwisata. Wali kota berharap pertemuan dengan Wakil Wali Kota Plzen tersebut bisa semakin menambah maju Kota Madiun dalam berbagai sektor.

Setelah bertemu Pemerintah Kota Plzen, rombongan Wali Kota Maidi menuju University of West Bohemia guna menjajaki kerja sama beasiswa. Rombongan bertemu dengan Wakil Rektor Bidang Perencanaan Pendidikan dan Kemahasiswaan, Assoc. Prof. Dr. Jiri Kohout beserta jajaran.

"Goal saya di sini adalah beasiswa untuk anak-anak Kota Madiun agar bisa berkuliah di universitas ini. Semoga ikhtiar ini berhasil sebagai salah satu cara untuk meningkatkan mutu SDM di Kota Madiun," katanya.

Madiun juga menjajaki potensi kerja sama antara Fakultas Teknik UWB dengan fakultas teknik perguruan tinggi yang berada di Kota Madiun dalam hal ini Politeknik Perkeretaapian Indonesia dan Politeknik Negeri Madiun.

"Dua perguruan tinggi tersebut memang tidak berada di bawah Pemerintah Kota Madiun. Tapi jika kelak terjadi kerja sama antar-perguruan tinggi berskala internasional ini, tentu Kota Madiun juga mendapatkan dampak positifnya," katanya.

Sesuai rencana, Wali Kota Maidi bersama pimpinan DPRD Kota Madiun akan melakukan kunjungan kerja ke Republik Ceko dan Rumania selama tanggal 5-11 Maret 2023. Total ada 16 kegiatan, baik kunjungan maupun pertemuan di kedua negara tersebut. Selain kerja sama kota kembar, kunjungan kerja tersebut juga membawa misi terkait "smart city", tata kota, dan pengembangan daerah.

Sejumlah tokoh penting dijadwalkan bertemu dengan Wali Kota Maidi yakni perwakilan Kementerian Perdagangan Republik Ceko, perwakilan Kementerian Regional Development, Wali Kota Praha 1, Dubes RI untuk Ceko, dan pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Praha. Begitu juga di Rumania, Maidi akan menggelar pertemuan dengan KUAI KBRI Bucharest dan pertemuan dengan Konsul Kehormatan RI.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023