Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar Jawa Timur menggelar haul untuk memperingati wafatnya Presiden kedua Ri, H.M Soeharto di Gedung Golkar Jatim di Surabaya, Kamis malam.

Haul ke-15 yang diikuti seluruh pengurus partai tingkat Provinsi Jawa Timur juga sebagai momentum untuk mengenang jasa-jasa Soeharto selama hidup, khususnya memimpin negeri ini.

“Kita harus bisa seperti pepatah Jawa yakni ‘Mikul Duwur Mendem Jero’. Makanya kepada seluruh kader partai, mari hargai jasa para pemimpin kita,” ujar Ketua DPD I Partai Golkar Jatim M Sarmuji usai menghadiri haul.

Bahkan pada kesempatan tersebut, Soeharto yang memimpin negeri selama 32 tahun itu dinilainya layak mendapat gelar Pahlawan Nasional karena jasa-jasanya yang besar bagi Bangsa Indonesia.

“Harus diakui Pak Harto memang juga punya kelemahan-kelemahan sebagai sifat dasar manusia. Tapi, sebagai pemimpin bangsa jasa beliau dalam pembangunan Indonesia patut dihargai,” ucapnya.

Pimpinan Komisi VI DPR RI tersebut menyampaikan saat Soeharto menjadi presiden terbukti mampu menorehkan prestasi tidak sedikit, salah satu yang paling dikenal adalah swasembada pangan.

“Dari yang sebelumnya kekurangan pangan, di zaman Pak Harto mampu berubah menjadi swasembada, baik sandang maupun pangan,” katanya.

Tak itu saja, melalui revolusi hijau yang dilakukannya membuat Indonesia sangat disegani oleh negara-negara lain di dunia.

“Bisa dikatakan saat itu Indonesia menjadi 'Macan Asia',” tutur Sarmuji.

“Sebagai seorang pemimpin selama 32 tahun tentu ada kelebihan dan kekurangan yang pernah dilakukan. Tetapi jasa pak Harto dalam membangun Indonesia selayaknya tidak kita lupakan,” tambahnya.

Sementara itu, kegiatan Haul Soeharto diisi dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Ubaidillah, pengajian tahlil dipimpin oleh Ustaz Zamam Suyuti dan tausiyah oleh KH Imam Hambali dari Ponpes Al Jihad Surabaya.

Beberapa pengurus yang hadir di antaranya Bendahara Blegur Prijanghono, Wakil Ketua Bidang Organisasi Hery Soegihono, Wakil Ketua Bidang Pemuda Pranaya Yudha Mahardika, Wakil Ketua Budang Hukum dan HAM HRB. Zainal serta sejumlah pengurus lainnya.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023