Pemerintah Kota Mojokerto Jawa Timur meresmikan gedung baru Puskesmas Gedongan dan Mentikan dalam Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Pendopo Asrama Cikaran, Jumat.
 
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, infrastruktur merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan derajat kesehatan.
 
“Setiap tahun kami mengupayakan bagaimana sarana dan prasarana di bidang kesehatan terus direvitalisasi, di-upgrade, agar lebih layak dan memadai,” ujar wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto itu.
 
Puskesmas Gedongan semula terletak di Jalan Gajah Mada kini gedung baru berada di atas lahan aset Pemkot Mojokerto di Jalan Sawunggaling, Kelurahan Magersari yang direlokasi karena minimnya ketersediaan lahan parkir.
 
Sedangkan di puskesmas Mentikan, dibangun dengan menambahkan sejumlah fasilitas baru, seperti ruang laktasi, area bermain, dan area parkir yang lebih luas.
 
Kedua puskesmas tersebut dijadikan percontohon, yang tidak hanya melayani kesehatan umum, namun juga spesifikasi berdasarkan masalah kesehatan yang paling sering ditangani oleh fasilitas kesehatan di masing-masing daerah.
 
Puskesmas Gedongan diperuntukkan perawatan kesehatan terkait kejiwaan dan Puskesmas Mentikan difokuskan layanan terkait reproduksi.
 
Ia menjelaskan, saat ini juga dilakukan relokasi Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Mojokerto.
 
"Saat ini kami sudah menyediakan lahan. Insya Allah, mohon doa restunya. Tahun 2023 akan dibangun gedung Labkesda baru di Jalan Benteng Pancasila, dengan standar yang lebih tinggi," ujar wali kota yang akrab disapa Ning Ita tersebut.
 
Selain infrastruktur, lanjut dia, upaya juga dilakukan dengan memberikan ruang bagi para tenaga kesehatan untuk meningkatkan kapasitasnya.
 
Terbukti, salah satu tenaga kesehatan terpilih sebagai Tenaga Kesehatan Teladan (Nakesdan) 2022 tingkat nasional, mewakili Jawa Timur, dengan inovasi boneka tangan (SI MOMO NEKAT) untuk mengedukasi masyarakat dalam upaya menekan angka stunting.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022