Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya mempercepat pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) di kalangan pelajar SMA sederajat di Kota Pahlawan, Jatim, melalui program "Jebol Anduk".

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji di Surabaya, Jumat, mengatakan, program Jemput Bola Administrasi Kependudukan (Jebol Anduk) Goes to School telah menyasar sejumlah sekolah yang ada di Kota Surabaya.

"Kami berharap program ini bisa mempercepat pengurusan adminduk, khususnya bagi para pelajar SMA sederajat untuk melakukan perekaman KTP Elektronik," kata dia.

Menurut dia, kegiatan ini sama dengan kegiatan Jebol Anduk di kelurahan. Jebol Anduk Goes to School adalah kemudahan pelayanan adminduk dengan menyasar sekolah. Pertimbangannya karena lebih efektif dan mempermudah para pelajar tanpa harus pergi ke luar sekolah.

Agus mengaku, dengan kegiatan Jebol Anduk Goes To School adalah agenda Dispendukcapil Kota Surabaya untuk bisa meningkatkan cakupan target KTP elektronik yang diminta oleh pemerintah pusat dengan minimal 99,72 persen.

"Karena di sekolah adalah tempat berkumpul para pelajar untuk melakukan perekaman KTP elektronik. Sehingga kami mengebut target ini agar bisa dicapai dengan mengunjungi semua sekolah," ujar dia.

Agus menjelaskan, kegiatan Jebol Anduk Goes To School semakin digencarkan oleh Dispendukcapil Surabaya dengan mengerahkan armada atau kendaraan Jemput Pelayanan Online By Sistem Elektronik Kependudukan Ter-integrasi (Jempol Sakti) yang beraksi untuk menyasar sekolah di Kota Surabaya setiap akhir pekan.

"Kami menggunakan kendaraan tersebut untuk masuk ke setiap sekolah di Kota Surabaya. Motor roda tiga tersebut adalah hibah dari Bank Jatim, jadi petugas perekaman KTP elektronik Dispendukcapil Surabaya semakin lebih leluasa dalam memberikan pelayanan kepada warga," kata dia.

Selanjutnya, untuk hasil dari perekaman KTP elektronik akan langsung dikirimkan oleh Dispendukcapil Kota Surabaya di kantor kelurahan.

"Jika ada sekolah yang menginginkan penyelenggaraan Jebol Anduk Goes To School, bisa berkirim surat kepada Dispendukcapil Surabaya dan akan kami atur untuk penjadwalan kegiatan tersebut," kata dia.
 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022