Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing (FPTI) Jawa Timur, Danu Iswara menilai arena pertandingan panjat tebing di Jasalindo/ Pasir Putih Water Sport  di Desa/ Kecamatan Bungatan, Situbondo, representatif dan bisa menjadi venue alternatif untuk latihan dan kegiatan nasional-internasional.

"Sejauh ini arena pertandingan panjat tebing hanya di Surabaya," ujar Danu di sela pertandingan cabang olahraga panjat tebing pada ajang Porprov VII Jatim, Sabtu.

Selain itu, katanya, di Jasalindo juga bisa menjadi tempat alternatif latihan setelah Surabaya. Ia pun menyarankan kepada pemerintah daerah setempat menjalin kerja sama dengan pihak Jasalindo, dalam rangka pembinaan atlet, khususnya panjat tebing untuk mencetak atlet yang handal.

danu mengaku sudah menyampaikan hal itu kepada Ketua FPTI Situbondo. Arena pertandingan yang ada di jasalindo bisa dimanfaatkan untuk kejuaraan porprov tahun depan.

"Sudah kami sampaikan, dan Jasalindo siap melakukan pembianan atlet panjat tebih Situbondo," tuturnya.

Tak hanya cabang olahraga panjat tebing, lanjut Danu, di Jasalindo ada tiga arena pertandingan Porprov Jatim, yaitu panjat tebing, bola voli pantai, dan renang di perairan terbuka (OWS).

"Oleh karenanya, ini bisa dimanfaatkan sarana olahraga . Ajak atlet-atlet berlatih di sini," tuturnya.
 
Atleta panjat tebing bertanding di arena pertandingan di Jasalindo/ Pasir Putih Water Sport Situbondo. Sabtu (2/7/2022) (ANTARA/Novi H)

Pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim 2022, ada tiga cabang olahraga yang dipertandingkan di Jasalindo, yaitu panjat tebing, bola voli pantai, dan renag di perairan terbuka (open water swimming/OWS).

Porprov kali ini, cabang olahraga panjat tebing diikuti oleh sekitar 160 atlet dari 24 kabupaten/kota di Jawa Timur. Ada 16 nomor yang dipertandingkan, delapan nomor putra dan delapan nomor putri, dengan empat kategori.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing memperebutkan 16 medali, dalam nomor kombinasi speed, bouldering, dan lead putra dan putri, dengan rincian delapan putra dan delapan putri.

Pemenang adalah yang berhasil mengumpulkan nilai tertinggi, gabungan nilai dari empat kategori pertandingan. Ada empat kategori yang dipertandingkan, yaitu lead, nomor combine yang terdiri dari dua nomor, serta boulder climbing. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022