Kehadiran layanan online BPJS Kesehatan banyak dirasakan manfaatnya oleh Peserta JKN-KIS. Lutvi Fauzi adalah salah seorang Peserta JKN-KIS yang sangat terbantu dengan adanya layanan online BPJS Kesehatan. Lutvi menggunakan layanan PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp) untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta.

“Pelayanannya bagus kok, tidak ruwet. Malah lebih bagus daripada yang dulu. Dulu harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Apa-apa ke kantor. Sekarang lewat WhatsApp sudah bisa semua. Mulai dari pengurusan administrasi peserta dan tanya apapun bisa di situ. Sangat terbantu sekali,” terang Lutvi.

Atas kepuasannya tersebut, Lutvi akan membagikan pengalamannya kepada kerabat maupun masyarakat lainnya yang membutuhkan informasi terkait pelayanan Peserta JKN-KIS. Dengan berbagi pengalaman, Lutvi berharap semakin banyak masyarakat yang tahu kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

“Sekarang, apa-apa serba online. Jadi tidak perlu ribet-ribet. Untuk masyarakat juga jangan ragu untuk menjadi Peserta JKN-KIS. Menjadi peserta sangat membantu, kalau mau berobat sudah tidak bayar. Tadi saya ke puskesmas atau klinik tidak perlu bayar-bayar lagi, sedangkan kalo tidak pakai JKN masih bayar,” tambahnya.

Sebagai informasi, BPJS Kesehatan menyediakan berbagai pilihan layanan bagi Peserta JKN-KIS. Tidak hanya pelayanan secara tatap muka di kantor BPJS Kesehatan, tapi juga pelayanan melalui Chat Asisten JKN (CHIKA), aplikasi Mobile JKN, Care Center 165 dan layanan PANDAWA. Melalui layanan online tersebut, peserta dapat melakukan perubahan data kepesertaan, pindah faskes tingkat pertama, pengecekan iuran dan status kepesertaan, penggunaan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital, skrining riwayat kesehatan, layanan pengaduan peserta hingga pengambilan nomer antrean di faskes tingkat pertama.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Yessy Novita menjelaskan layanan online BPJS Kesehatan dikembangkan untuk mempermudah akses peserta dalam mendapatkan haknya sebagai Peserta JKN. Diharapkan masyarakat tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan sehingga dapat memaksimalkan waktunya dalam melaksanakan aktivitas lain serta mengurangi antrian atau waktu tunggu di kantor BPJS Kesehatan jika peserta lain membutuhkan pelayanan di kantor cabang.

“Manfaatkanlah secara maksimal aplikasi Mobile JKN, Care Center 165 dan khusus untuk layanan PANDAWA di Kabupaten Sidoarjo dapat mengakses melalui nomor 085806227043,” tutup Yessy.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021