Sedikitnya 493 mahasiswa IKIP Budi Utomo (IBU) Malang menjalani prosesi wisuda yang dikemas dalam graduatetainment "bukan wisuda biasa" di salah satu hotel berbintang di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu.

Ratusan wisudawan dari jenjang S1 dan S2 (pascasarjana) ini bukan sekadar wisuda, tapi penuh dengan entertainmentGraduatetainment tanpa menghilangkan kesakralan sebuah ‘pinisuda’.

“Kami ingin memberikan dan menghadirkan kegembiraan, juga kebahagiaan kepada mahasiswa. Jangan sampai wisuda itu malah membuat mereka stres atau tegang. Selama kuliah mereka sudah tegang dengan berbagai macam tugas kuliah, pada saat wisuda harus bahagia," kata Rektor IKIP Budi Utomo Malang Dr. Nurcholis Sunuyeko di sela prosesi wisuda.

Nurcholis berharap para wisudawan saat kembali ke masyarakat bisa mengembangkan kreativitas dalam berkarya, bekerja dan mengembangkan usaha. Untuk bisa bersaing dalam dunia usaha yang semakin kompleks.

"Oleh karena itu, pola pembelajaran juga harus diubah, yakni pembelajaran yang menyenangkan dan membahagiakan," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, biaya kuliah juga jangan jadi penghalang bagi lulusan SMA sederajat untuk kuliah. Pasti ada jalan, karena pada prinsipnya, kemerdekaan belajar itu hak setiap orang.

Rektor mengemukakan IKIP Budi Utomo juga menjalankan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). "Kami menerima mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia dan mahasiswa IBU juga berkuliah di berbagai kampus di Tanah Air," tuturnya.

Wisuda yang diikuti 493 mahasiswa itu menyematkan gelar sarjana dan master untuk tujuh program studi dari dua fakultas, yakni PIEK dan Fakultas ISH.

Dalam prosesi wisuda tersebut juga ditampilkan berbagai seni tradisional, pencak silat, seni dari sejumlah daerah asal mahasiswa kampus unggulan tersebut dan diiringi dengan live music yang menghadirkan sejumlah penyanyi lokal an mahasiswa.

Sisi lain dari wisuda ke-37 ini, adalah kehadiran orang terdekat dari wisudawan. Mereka ikut mendampingi di atas panggung. Di hadapan Rektor dan Senat IKIP Budi Utomo Malang, guna menyaksikan pemindahan tali toga oleh rektor.  

Sementara itu, Ketua Pelaksana Wisuda IBU, Moh Ali Mu’arifudin menjelaskan untuk wisuda kali ini, diikuti 493 mahasiswa. Dari Prodi Bahasa Indonesia 55 orang, Bahasa Inggris (72), Pendidikan Biologi (59), Pendidikan Ekonomi (47), Matematika (48), PJKR (99), dan Sejarah (101).

“Sedangkan wisudawan dari Program Pascasarjana Pendidikan Olahraga sebanyak 13 orang,” katanya.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021