Petugas gabungan melakukan cek kesehatan dan urine kepada sopir bus yang ada di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Selasa guna memberikan kenyamanan serta keselamatan bagi para pemudik pada Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Pol Heri Wahono di lokasi mengatakan, kegiatan tes urine dan kesehatan ini untuk kenyamanan mudik maupun balik guna meminimalisir kecelakaan di jalan ketika arus mudik dan balik Lebaran 2019.

"Antisipasi dari pihak kepolisian untuk meminimalisir kecelakaan di jalan salah satunya seperti pengecekan kendaraan. Kalau tes awak pengemudi ini bisa berupa tes kesehatan urine dan sebagainya, yang saat ini kita lakukan di Terminal Purabaya," kata Heri didampingi Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Dalam tes itu, para sopir harus melewati beberap sesi seperti tes urine, mata meliputi warna dan pandangan, gula darah, alkohol, serta tensi.

Selain dari sisi kesehatan, Dinas Perhubungan Kota Surabaya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur juga melakukan ramp cek.

"Ini dilakukan supaya mengetahui mana pengemudi yang sehat dan yang tidak. Kita juga mengantisipasi pengemudi yang memakai narkoba. Kemudian dari sisi kendaraan kita ingin melihat kondisi dari pada kendaraan layak atau tidak yakni dengan ramp cek dan emisi gas buang," ujarnya.

Sementara itu, salah satu sopir bus antar kota jurusan Surabaya-Malang, Suparno yang mengikuti tes ini mengaku cukup senang. Karena dengan begitu penumpang bisa lebih percaya dan merasa aman ketika hendak mudik menggunakan transportasi bus.

Di Terminal Bus Purabaya Bungurasih Waru, Sidoarjo, Polresta Sidoarjo juga menyiapkan pos pelayanan Lebaran Idul Fitri 2019.

"Hari ini kami cek kesiapan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu di beberapa titik di Kabupaten Sidoarjo. Agar pos-pos Polresta Sidoarjo nantinya dapat terus siaga melayani masyarakat di perayaan Idul Fitri, selama gelaran Operasi Ketupat Semeru 2019," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019