Lumajang (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mendapat kuota sebanyak 471 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS), sehingga tidak lama lagi akan dibuka pendaftaran seleksi penerimaan CPNS di wilayah pemerintah kabupaten setempat.

"Formasi kebutuhan untuk Kabupaten Lumajang sebanyak 471 CPNS berdasarkan hasil rapat koordinasi nasional terkait dengan penerimaan CPNS secara nasional," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang Nurwakit Ali Yusron saat bertindak sebagai inspektur upacara 17 September 2018 di halaman Kantor Bupati Lumajang, Senin.

Menurutnya daftar formasi CPNS tersebut sebagian besar untuk formasi bidang kesehatan dan pendidikan yang masih kurang di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang, sehingga jumlah formasi CPNS tenaga teknis juga tidak banyak.

"Kuota CPNS itu terdiri dari tenaga pendidik sebanyak 207 formasi dengan kualifikasi guru SD sebanyak 132 formasi, guru pendidikan agama Islam sebanyak 37 formasi, guru mata pelajaran SMP sebanyak 38 formasi, tenaga kesahatan 146 formasi dan tenaga teknis sebanyak 65 formasi," tuturnya.

Ia mengatakan Pemkab Lumajang memberikan peluang kepada putra-putri terbaik yang dialokasikan dalam formasi "cumlaude" maksimal sebanyak 5 persen dan untuk warga berkebutuhan khusus atau difable sebanyak 1 persen dari total formasi yang dialokasikan. 

"Selain itu, formasi Khusus K2  yang memenuhi persyaratan sebanyak 53 formasi yang diperuntukan K2 yang sudah terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara," katanya.

Nurwakit mengatakan seleksi CPNS menggunakan metode berbasis "Computer Asisten Test" (CAT) baik untuk seleksi kompentesi dasar maupun seleksi kompetensi bidang. 

"Untuk pelaksanaan tempat tes tulis, khusus untuk Kabupaten Lumajang akan menyelenggarakan secara mandiri di Lumajang," ujarnya.

Sementara itu, lanjut dia, untuk pelaksanaan pengadaan CPNS 2018 direncanakan mulai minggu kedua September sampai dengan November 2018 yang diawali dengan pengumunan alokasi formasi jabatan dan ketentuan, serta persyaratan yang harus dipenuhi dapat dilihat di laman resmi pemerintah mulai Rabu (19/9) melalui laman sscn.bkn.go.id atau bkd.lumajangkab.go.id.  

"Rencananya pendaftaran CPNS di Lumajang dimulai pada 26 September 2018, sehingga kami mengimbau untuk para calon pendaftar CPNS agar selalu memantau perkembangan melalui laman resmi pendaftaran," katanya.
Ia menjelaskan para peserta diharapakan untuk memantau laman penerimaan CPNS yang ditentukan dengan melihat informasi penting terkait waktu dan tempat pelaksanaan ujian CPNS, sehigga calon peserta yang mengalami permasalahan dalam pendaftaran dapat menghubungi BKD Lumajang.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018