Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur menyalurkan bantuan kemanusian kepada korban bencana alam gempa bumi yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Kamis mengatakan bantuan kemanusian ini berasal dari Pemkab Sidoarjo, PMI dan Bank Jatim Cabang Sidoarjo.

"Supaya bantuan ini tepat sasaran, sesampainya di Lombok bantuan akan langsung diserahkan ke panitia korban gempa Lombok," katanya di sela pemberangkatan pemberian bantuan di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengemukakan, bantuan berupa barang dan bahan kebutuhan pokok yang diberangkatkan pada hari ini, diperkirakan sampai ke Lombok pada hari Sabtu atau Minggu.

"Kabupaten Sidoarjo juga mengirimkan 12 dokter dan tenaga medis dari RSUD Sidoarjo, serta obat'obatan yang telah berangkat ke Lombok," katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo, Dwijo Prawito, mengatakan bahwa, posko bantuan untuk Gempa Lombok di buka mulai tanggal 13 Agustus di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo.

"Dalam kurun waktu sepekan ini telah terkumpul dana sebesar lebih kurang Rp310 juta, dari Pemkab Sidoarjo, Bank Jatim Cabang Sidoarjo dan PMI Sidoarjo," katanya.

Rencananya, kata dia, bantuan uang tersebut akan disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, pada hari sabtu besok ke Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Untuk bantuan barang sampai dengan tanggal 21 Agustus 2018 ada beberapa jenis seperti pakaian layak pakai, pakaian bayi 8 sak 3 dus, perlengkapan sholat 5 sak 40 dus, makanan minuman 167 dus, selimut 4 sak, terpal 42, perlengkapan mandi satu sak, minyak goreng 1 dus, detergen 1 sak, pembalut 2 sak 4 dus, ditambah dari PMI biscuit 50 dus, dan mie burung dara dari PT. Suprama," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018