Sidoarjo (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, akan menampilkan potensi wisata Candi Pari pada Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) yang berlangsung 10 sampai dengan 12 Maret 2017 di Kabupaten Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di Sidoarjo, Jumat mengatakan daerahnya memiliki banyak potensi kebudayaan yang bisa ditampilkan kali ini.

"Salah satunya Candi Pari ini supaya masyarakat luas bisa mengenal Sidoarjo lebih dalam lagi," katanya saat temu media.

Ia mengemukakan, Sidoarjo menjadi tuan rumah pada pelaksanaan festival yang sudah berlangsung ke-11 kali ini.

"Ada 14 kabupaten kota di Jawa Timur mengikuti kegiatan ini dengan dipromotori oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur," katanya.

Sementara itu, kata dia, puncak acara nantinya akan berlangsung pada Minggu, 12 Maret dengan menampilkan pawai budaya dari seluruh peserta kegiatan festival.

"Ditambah lagi dengan puluhan organisasi perangkat daerah di Kabupaten Sidoarjo yang turut serta ambil bagian dalam kegiatan ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Jarianto mengatakan ada beberapa kegiatan penting kali ini.

"Pertama adalah pertunjukkan, kemudian ada pemeran yang berlangsung selama dua hari, ada juga sarasehan di aula Dinas Pendidikan Pemkab Sidoarjo serta yang terakhir adalah pawai budaya," katanya.

Ia menjelaskan, maksud dan tujuan dari FKPU ini adalah untuk meningkatkan produktivitas, kreatifitas, dan kualitas para pelaku seni.

"Nantinya akan dikembangkan tidak hanya pesisir utara saja, tetapi juga ada Matraman yang mengakomodir kesenian dari wilayah tersebut," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017