Surabaya (Antara Jatim) - Universitas Narotama Surabaya bekerja sama dengan Guizhou University China meluncurkan pusat studi kebudayaan dan bahasa Tiongkok yang dinamakan "Podjok China" di ksmpu tersebut.

"Dengan diluncurkan Podjok China ini diharapkan ada pengetahuan dalam bidang kebudayaan dan Bahasa Tiongkok untuk mahasiswa Narotama," kata  Ketua Podjok Cina Elok Damayanti di Surabaya, Kamis.

Elok menjelaskan, nantinya Guizou University akan mengirimkan tenaga pengajarnya dari Tiongok untuk mengajar Bahasa Tiongkok secara langsung di Podjok China.

"Di Podjok China inilah kita memulai untuk memperkenalkan kepada mahasiswa untuk budaya China dan bahasa itu sangat penting untuk di dunia kerja," jelasnya.

Elok menambahkan, saat ini Podjok China hanya diperuntukkan untuk mahasiswa. Namun tidak menutup kemungkinan Podjok China akan menerima murid dari luar Universitas Narotama.

Dirinya menambahkan, Podjok China sudah menyiapkan rencana, baik harian, mingguan, bulanan. "Terdekat, kita akan merayakan Imlek. Ini sebagai bukti bahwa kita menghormati budaya dari Tiongkok. Kita semua yang tergabung pada Podjok China," katanya.

Dia menjelaskan, akan ada pertemuan selama seminggu dua kali. Di pertemuan itu nanti akan ada diskusi, membaca sebuah artikel.

"Selain itu kita kerja sama dengan Great Wall Education Center. Kita juga MoU yang berisi tentang beasiswa, ada Summer dan Winter Camp. Nanti mahasiswa Narotama yang berminat bisa pergi ke sana dan sebaliknya, perwakilan dari Tiongkok bisa datang ke sini," ucapnya.

Perwakilan Guizhou University, Ling Qi menyambut positif kerja sama antara pihaknya dan Universitas Narotama. Dia mengatakan Ini adalah pertama kalinya kita bekerja sama dengan Universitas Narotama.

"Saya berharap dengan kerja sama ini hubungan Indonesia dan tiongkok akan lebih erat terutama di bidang pendidikan maupun budaya," ucapnya. (*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016