Jember (Antara Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jember menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) daerah setempat memberikan diskon khusus kepada peserta BPJS.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jember Cahyaning Indriasari, Selasa, mengatakan pihaknya melakukan penandatangan kerja sama dengan HIPMI dan PHRI Jember, serta beberapa pengusaha lainnya dalam rangka "Hari Pelanggan Nasional 2016".

"Nota kesepahaman itu merupakan kerja sama promosi maupun penjualan (B2B) produk dengan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga peserta BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan diskon di beberapa toko, tempat wisata, hotel, perumahan, dan lainnya," katanya di Jember.

Menurutnya kerja sama itu bertujuan untuk membantu mengembangkan bisnis mitra kerja sama baik secara dalam jaringan (daring) maupun non-daring, sehingga program itu merupakan sebuah keuntungan bagi perusahaan atau peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Selama ini kartu BPJS Ketenagakerjaan hanya bisa digunakan ketika mengalami kecelakaan kerja, meninggal dunia atau saat pensiun. Namun dengan adanya program itu, kartu BPJS Ketenagakerjaan dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan diskon di tempat-tempat yang sudah ditunjuk," ucap perempuan yang biasa dipanggil Naning.

Program kerja sama dengan PHRI dan HIPMI, lanjut dia, peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa menghemat uangnya dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya, sehingga diharapkan ke depan semakin banyak perusahaan yang mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Untuk tahap awal, ada 12 perusahaan yang mengikuti program 'co marketing BPJS Ketenagakerjaan' dengan persentase diskon yang berbeda, namun tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak perusahaan yang akan bergabung dengan program tersebut," tuturnya.

Perusahaan-perusahaan yang menyediakan potongan harga untuk penjualan produknya bagi peserta BPJS di Jember yakni Griya Batik Notohadinegoro, PT Media Memorandum Timur, PT Media Surya Grafika, Pelita Hati School, Koperasi Tarutama Nusantara, PT Tjipta Boemi Lestari, Hotel Lestari, Hotel Panorama, Toko Sumber Madu, objek wisata Tiara Park Jember.

Penandatanganan nota kesepahaman itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan "Hari Pelanggan Nasional 2016" dengan mengusung tema "Senyum Bersama BPJS Ketenagakerjaan", sehingga peserta yang datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan disambut oleh karyawan/karyawati menggunakan pakaian maskot BPJS Ketenagakerjaan dan pakaian pekerja sektor informal seperti nelayan, montir, guru ngaji, pedagang asongan, dan lainnya.

Pengunjung dimanjakan dengan "live akustik musik", pijet refleksi, pemeriksaan kesehatan gratis, serta bertaburan bermacam-macam hadiah untuk pengunjung yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh karyawan dan karyawati BPJS Ketenagakerjaan Jember.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016