Sumenep (Antara Jatim) - Tingkat kunjungan wisatawan ke dua lokasi wisata alam di Kabupaten Sumenep, yakni Pantai Lombang dan Slopeng, pada triwulan kedua tahun ini meningkat dibanding periode sama sebelumnya.

"Peningkatannya memang tidak signifikan. Kami memakluminya, karena pada Juni 2016 merupakan masa Ramadhan dan tingkat kunjungan wisatawannya rendah dibanding April dan Mei," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Jawa Timur, Selasa.

Sesuai data di Disbudparpora Sumenep, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Lombang di Kecamatan Batang Batang pada triwulan pertama tahun ini (Januari-Maret) sebanyak 9.080 orang dan Pantai Slopeng di Dasuk sebanyak 4.106 orang.

Sementara pada triwulan kedua (April-Juni 2016) tercatat 9.350 wisatawan berkunjung ke Pantai Lombang dan 5.404 wisatawan ke Pantai Slopeng.

"Sesuai laporan yang kami terima dari staf, jumlah wisatawan ke Pantai Lombang maupun Slopeng pada Juni 2016 itu memang rendah, jika dibanding April dan Mei," kata Sufiyanto, menerangkan.

Jumlah wisatawan ke Pantai Lombang pada April 2016 tercatat sebanyak 3.100 orang, pada Mei sebanyak 5.000 orang, dan pada Juni hanya 1.250 orang.

Sementara wisatawan yang ke Pantai Slopeng pada April sebanyak 1.502 orang, pada Mei sebanyak 2.907 orang, dan pada Juni hanya 995 orang.

"Pada Juni 2016, kunjungan wisatawan ke Pantai Lombang maupun Slopeng terjadi pada masa sebelum Ramadhan. Sementara sejak masa Ramadhan atau pertengahan Juni, kondisinya sepi," ujarnya.

Sufiyanto menjelaskan, tingkat kunjungan wisatawan ke dua lokasi wisata alam di Sumenep itu memang selalu sepi pada setiap masa Ramadhan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016