Gencarnya kampanye Gemar Makan Ikan (Gemarikan) di berbagai belahan Nusantara menginpirasi para pengusaha kuliner, bahkan menjadi satu momen yang membuka peluang atau potensi usaha kuliner yang sangat menjanjikan. Dan, tentunya, selain mendatangkan untung, pemilik resto atau pecinta olahan ikan bisa mengeksplorasi berbagai jenis masakan yang berbahan ikan.

Bahkan, ada resto (rumah makan) yang seluruh olahan masakannya berbahan ikan. Dan, yang menjadi spesial aroma dan sajiannya adalah gule kepala ikan. Berbagai jenis ikan juga diolah dan dimasak dengan berbagai olahan khas pula, mulai dari gulai kepala ikan hingga kepala ikan yang dibumbui ala makanan khas Thailand, Tom Yang.

Pemilik maupun chef resto tesrebut cukup kreatif, tidak hanya kepala ikannya saja yang dijual secara terpisah, daging ikannyapun disayat untuk dijadikan fillet atau olahan lainnya, sehingga sajian kepala ikan, memang benar-benar kepala ikan utuh tanpa daging, sehingga duri ikan tersebut akan kelihatan dengan jelas dan turut disajikan menjadi satu kesatuan olahan kepala ikan.     

Rumah makan yang khusus menyajikan olahan kepala ikan itu adalah Warung Gulai Kepala Ikan Mas Agus yang berlokasi di Jalan Pulosari Kota Malang. Banyak jenis kepala ikan yang diolah menjadi masakan istimewa dan selalu menggoda selera untuk segera menikmatinya.

Dengan tampilan dan sajian yang menarik, para pecinta kuliner serba ikan, wajib mencoba Gule Kepala Ikan Mas Agus di Jalan Pulosari Kota Malang itu. Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan umum (angkot) maupun kendaraan pibadi. Sajian serba ikan yang dibuat berbeda karena dibuat gule. Banyak yang ditawarkan di Gule Kepala Ikan Mas Agus seperti Gule ikan, tomyam ikan, filet ikan udang ataupun ca kangkung.

Memang tidak seluruh sajian berbahan kepala ikan, namun masih ada beberapa menu lain sebagai menu tambahan bagi pengunjung yang ingin menikmati menu lainnya, seperti filet ikan krispy, ca kangkung, ca taoge, dan dagu penyet.     

Harganyapun juga terjangkau, kita tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk menikmati seporsi gule kepala ikan lengkap dengan nasi dan minuman khasnya, yakni minuman putri Solo, seperti beras kencur hangat, es beras kencur, gula asem hangat dan es gula asem.

Untuk Gule daging ikan dihargai Rp12.000 per porsi, Gule kepala Mujair RP14.500/porsi, Gule kepala srimping Rp15.500/porsi, Gule kerang Rp13.500/porsi, Tomyam kepala ikan Rp 17.000/porsi, Tomyam patin Rp 17.000/porsi, Tomyam daging ikan Rp13.500, Tomyam mujair Rp 17.000, Tomyam srimping Rp 15.500, dan Tomyam kerang Rp 13.500/porsi.

Sementara itu untuk Filet Crispy dihargai Rp12.000/porsi, Filet asam manis Rp13.000, Dagu penyet Rp12.000, Udang goreng tepung Rp13.000, Cumi goreng tepung Rp15.000, Ca kangkung polos Rp7.500, Ca kangkung udang Rp10.000, Ca tauge polos Rp7.500, dan Ca tauge udang Rp10.000/porsi.

Silahkan mencoba, pasti anda akan ketagihan, baik rasa maupun aroma khas gule ikannya yang menggoda selera.(*)

Pewarta: Edang Sukarelawati

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015