Jember (Antara Jatim) - Pengamanan terhadap bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Jember, Jawa Timur, diperketat menjelang penetapan pasangan calon kepala daerah setempat pada 24 Agustus 2015.

"Kapolres memerintahkan semua fungsi pengamanan untuk melakukan pengamanan melekat kepada bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati Jember periode 2015-2020," kata Kasubag Humas Polres Jember AKP Dono Sugiarto, Jumat, di Jember.

Menurutnya pengawasan dan pengamanan dilakukan baik di tempat kerja pasangan bakal calon kepala daerah maupun di rumah masing-masing, namun sejauh ini hanya pengamanan secara tertutup.

"Kalau sudah ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah, maka pengamanan semakin diperketat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap cabup-cawabup tersebut," tuturnya.

Selain melakukan pengawasan dan pengamanan terhadap pasangan calon kepala daerah, Polres Jember juga siaga mengamankan anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwaslu setempat. 

"Perintah pengamanan kepada penyelenggara dan pengawas pilkada di tingkat kecamatan dipimpin langsung oleh masing-masing Kapolsek, sehingga Kapolsek diminta menempatkan personel polisi untuk melihat situasi setiap saat," katanya.

Dengan memantau situasi di daerahnya masing-masing, lanjut dia, anggota polisi di Polsek bisa segera melaporkan setiap perkembangan terkini, sehingga Polres Jember dapat melakukan langkah yang dibutuhkan, agar tidak sampai berpotensi menimbulkan ancaman keselamatan jiwa.

"Polres Jember juga sudah menggelar gladi resik simulasi dalam latihan pra operasi Mantap Praja Bedadung 2015 atau operasi penanganan setiap tahapan pilkada di halaman Mapolres Jember pada Rabu (19/8)," paparnya.

Polres Jember menyiagakan sebanyak 1.200 personel untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah setempat pada 9 Desember 2015.

Dua pasangan bakal calon kepala daerah yang sudah mendaftar ke KPU Jember yakni pasangan Sugiarto (Sekretaris Kabupaten Jember) - Dwi Koryanto (Plt Direktur RSD dr Soebandi Jember) yang didukung enam partai politik dan pasangan Faida (Direktur RS Bina Sehat Jember) - Muqit Arief (Pengasuh Ponpes Al-Falah) didukung empat partai politik.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015