Tari Thengul Bojonegoro

id Tari Thengul, Tari Khas Bojonegoro, Tari Thengul Bojonegoro

Tari Thengul Bojonegoro

Penari berpose sebelum tampil pada pegelaran Bojonegoro Thengul International Folklore 2019 di Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (14/7/2019). Pegelaran yang bertujuan memperkenalkan Tari Thengul sebagai ikon budaya Bojonegoro tersebut menampilkan sedikitnya 2.019 penari Thengul dan memecahkan rekor MURI Tari Thengul kolosal 2.019 penari. (Antara Jatim/Zabur Karuru)

Bojonegoro (ANTARA) - Tari Thengul bagi sebagian orang mungkin masih asing, namun ketika lenggak-lenggok kaku tubuh dan entakan kaki penarinya mulai tampil, seketika itu pula orang akan mengenalnya dan mencari tahu asal muasal seni tari ini.

Tari ini mulai dikenalkan dan digencarkan oleh seniman Bojonegoro, Jawa Timur sebagai salah ikon wilayah yang ada di pinggiran Bengawan Solo tersebut.

Gerakan kaku wajah penari dengan mata melotot ke kiri dan kanan sambil diiringi musik dan gebukan gendang bernada naik turun, seakan mengajak penikmat tari ke sebuah lelucon hingga tersenyum atau bahkan tertawa.

Ditambah tata rias wajah dengan menggunakan bedak putih ala topeng serta busana Jawa yang mendukung, membuat tari ini sangat unik dan memunculkan kesan humor dalam menghibur penonton melalui di setiap gerakan pertunjukannya.pertunjukannya
 

Video A Malik Ibrahim 
Foto Zabur Karuru 
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar