Khofifah Upayakan Destinasi Wisata Baru di Pendalungan

id pendalungan, destinasi wisata baru jatim, blue fire, kawah ijen, tol trans jawa, double track surabaya-banyuwangi, khofifah indar parawansa

Khofifah Upayakan Destinasi Wisata Baru di Pendalungan

Seorang pemudi menari "Whirling Dervishes" atau Tari Berputar saat Maulidur Rasul dan Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa di Surabaya, Minggu (30/12). (Antara Jatim/Moch Asim/ZK)

Perlu ada penambahan destinasi wisata baru di kawasan segita "Blue Fire" atau Api Biru Kawah Ijen, yang berlokasi di tiga kabupaten, yaitu Banyuwangi, Jember dan Bondowoso
Surabaya (Antaranews Jatim) - Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019 - 2024 Khofifah Indar Parawansa mengupayakan destinasi wisata baru di wilayah Pendalungan, Jawa Timur.

Pendalungan adalah istilah untuk menyebut kebudayaan hasil asimilasi antara budaya Jawa dan Madura, yang membentuk suatu komunitas yang tersebar wilayah Tapal Kuda Jawa Timur, yaitu dari Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, serta sebagian utara dan selatan Kabupaten Banyuwangi.

"Kita lihat jalan tol Trans Jawa sudah sampai di Probolinggo. Selain itu juga ada 'double track' kereta api jurusan Surabaya - Banyuwangi. Itu akan membantu transportasi tidak hanya bagi masyarakat tapi juga barang dan jasa," kata Khofifah kepada wartawan di sela menghadiri kegiatan doa bersama ribuan ibu-ibu Muslimat Nahdlatul Ulama di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, kemudahan infrastruktur transportasi itu harus ditopang oleh keberadaan destinasi wisata baru.

Di antaranya Khofifah menyebut perlu ada penambahan destinasi wisata baru di kawasan segita "Blue Fire" atau Api Biru Kawah Ijen, yang berlokasi di tiga kabupaten, yaitu Banyuwangi, Jember dan Bondowoso.

Fenomena Blue Fire di kawah Ijen merupakan hasil reaksi dari gas bumi yang bertemu dengan oksigen pada suhu tertentu, yang bisa dinikmati wisatawan setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00 WIB.

"Blue Fire ini di cuma ada dua di dunia, selain di Kawah Ijen, satu lagi bisa disaksikan di Finlandia," katanya.

Di kawasan segita Blue Fire itulah Khofifah sedang mengupayakan penambahan destinasi wisata baru.

"Saya sudah bertemu dengan pengelola Jatim Park 1, 2 dan 3 di Malang. Saya dorong dia untuk membuka Jatim Park 4 yang berlokasi di Jember," ujarnya.

Mantan Menteri Sosial itu menilai Jember sebagai lokasi yang tepat untuk didirikan Jatim Park 4 karena lokasinya berada di tengah-tengah segitiga Blue Fire Kawah Ijen.

"Jaraknya dari Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo hanya sekitar satu jam," katanya.

Selain itu, Khofifah menyatakan juga telah bertemu dengan Bupati Bondowoso untuk mendorong agar membangun infrastruktur pariwisata yang memadai demi memberi kenyamanan wisatawan yang menuju ke Blue Fire Kawah Ijen.

Pembangunan infrastruktur wisata di Bondowoso itu, lanjut dia, nantinya juga untuk mengkonkretkan jalur menuju destinasi wisata yang baru lainnya.

Salah satunya Khofifah menyebut ada petani di Bondowoso yang menanam strawberi di wilayah yang sangat luas, yang ke depan bisa dimaksimalkan menjadi tempat tujuan wisata baru.

"Saya sudah bertemu dengan petaninya. Nanti rencananya akan ada pertemuan lagi dengan Bupati Bondowoso untuk membahas yang lebih konkret," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar