Perhutani Bojonegoro Panen Daun Minyak Kayu Putih

id KPH Bojonegoro, minyak kayu putih, persemaian grogolan, kawasan hutan, bibit jati, tanaman semusim,daun kayu putih,minyak kayu putih

Perhutani Bojonegoro Panen Daun Minyak Kayu Putih

Sejumlah petugas memanen daun pohon minyak kayu putih di kawasan hutan di Desa Setren, Keamatan Ngasem, Bojonegoro, Kamis (11/9). (Yoni/Slamet Agus Sudarmojo.)

Panen daun minyak kayu putih ini yang pertama kali. Hasilnya sekitar 3 ton kami kirim ke pabrik minyak kayu putih di Mojokerto,.
Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro, Jawa Timur, memanen daun pohon minyak kayu putih di kawasan hutan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Nglambangan di Desa Setren, Kecamatan Ngasem, seluas 89,4 hektare, Kamis.

"Panen daun minyak kayu putih ini yang pertama kali. Hasilnya sekitar 3 ton kami kirim ke pabrik minyak kayu putih di Mojokerto," kata Asisten Perhutani (Asper) BKPH Nglambangan KPH Bojonegoro Eka Widiyanto, di Bojonegoro, Kamis.

Dengan demikian, menurut dia, setelah pengiriman daun minyak kayu putih hasil panen ke pabrik minyak kayu putih di Mojokerto itu, akan dilanjutkan panen daun kayu putih di tanaman lainnya di kawasan hutan di sejumlah desa di Kecamatan Ngasem.

"Kami belum tahu rendemennya karena proses pengolahan daun menjadi minyak kayu putih membutuhkan waktu sehari. Tapi dalam kondisi normal daun minyak kayu putih 1 ton bisa menghasilkan minyak kayu putih 8 liter," kata dia menjelaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan tanaman pohon minyak kayu putih di Desa Setren, Kecamatan Ngasem itu, merupakan tanaman yang ditanam pada 2016.

Bersamaan dengan itu, juga ditanam pohon minyak kayu putih di sejumlah desa di Kecamatan Ngasem, dengan luas total mencapai 400 hektare.

"Tanaman pohon minyak kayu putih semuanya ditanam di kawasan hutan dengan sistem tumpang sari melibatkan petani pesanggem," ucapnya.

Manajer Bisnis KPH Bojonegoro Ahmad Yani, mengharapkan di daerah setempat ada pabrik minyak kayu putih yang bisa mengolah daun pohon kayu putih sendiri.

Dengan demikian, lanjut dia, biaya produksi akan lebih murah dibandingkan daun minyak kayu putih dikirim ke pabrik Mojokerto.

"Paling tidak bisa mengurangi biaya angkutan," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, KPH juga akan terus mengembangkan tanaman pohon minyak kayu putih di kawasan hutan lainnya dengan pertimbangan tanahnya cocok.

Menurut Petugas persemaian pohon minyak kayu putih di Desa Ngrogolan,  Kecamatan Dander, Bojonegoro Hari Prihanto, KPH membuat persemaian 1 juta pohon minyak kayu putih yang akan ditanam  pada 2018.

"Saat ini proses pembuatan bibit pohon minyak kayu putih masih berjalan. Tapi, penanaman akan dilakukan pada awal musim hujan," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, bibit tanaman pohon minyak kayu putih akan memperoleh air hujan secara alami agar bisa tumbuh normal. Bibit 1 juta pohon minyak kayu putih di persemaian setempat bisa ditanam di kawasan hutan sekitar 500 hektare.

"Kalau tanaman di hutan untuk airnya ya memperoleh air hujan," ucap dia menegaskan. (*)

 
Pewarta :
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar