Pemkab Malang Eksplor Potensi Wisata Agro

id wisata agro, kampung petik jeruk,wista kabupaten malang,wisata jeruk,wisata agro kabupaten malang

Pemkab Malang Eksplor Potensi Wisata Agro

Kebun jeruk yang menjadi destinasi wisata Kampung Petik Jeruk di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Endang Sukarelawati)

Sebenarnya wisata agro sudah kami kembangkan sejak lama, namun yang terbaru adalah wisata Kampung Petik Jeruk Sumberbendo di Kecamatan Dau.
Malang (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus berupaya menggali potensi wisata di wilayah itu, setelah mengeksplor kawasan pantai Selatan Malang, kini mulai merambah wisata agro.

Bupati Malang Rendra Kresna di Malang, Kamis mengemukakan wisata agro ini akan melengkapi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Malang.

"Sebenarnya wisata agro sudah kami kembangkan sejak lama, namun yang terbaru adalah wisata Kampung Petik Jeruk Sumberbendo di Kecamatan Dau," kata Rendra.

Di Kecamatan Dau, katanya, ada dua destinasi wisata baru yang dibuka sekaligus, yakni wisata Kampung Petik Jeruk yang berbasis pertanian dan wisata Alam Lreng Gunung Sari yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Kedua destinasi wisata ini diproyeksikan akan menjadi ikon wisata yang berbasis masyarakat.

Rendra mengemukakan Desa Kucur memiliki potensi pertanian yang sangat bagus, terutama petik jeruk, sehingga tepat jika masyarakat Desa Kucur, Kecamatan Dau menciptakan sebuah wisata Kampung Petik Jeruk Sumbergondo.

Destinasi wisata kampung jeruk yang baru di Desa Kucur ini jika dikelola dengan bagus pasti akan mendatangkan wisatawan yang sangat banyak. Manfaat yang akan langsung dirasakan adalah perputaran perekonomian masyarakat sekitar akan meningkat.

Menurut Rendra, lokasi wisata Kampung Petik Jeruk di Sumberbendo itu lokasinya sangat startegis. Udaranya sejuk apalagi pemandangan sekitar Desa Kucur sangat indah. "Rasa jeruknya manis dan segar karena memetik langsung dari pohonnya," kata Ketua DPW Partai Nasdem Jatim itu.

Selain kampung wisata jeruk, Desa Kucur juga akan memiliki wisata alam Lereng Gunung Sari. Peletakan batu pertama proses pembangunan wisata baru ini juga sudah dilakukan Bupati Rendra Kresna, Rabu (11/7/2018).

Secara fisik pepohonan di sekitar? wisata alam Lereng Gunung Sari ini masih asri dan sumber airnya masih alami. Di area wisata Lereng Gunung Sari ini sumber airnya berkhasiat untuk awet muda dan sembuh dari penyakitnya.

"Saya katakan di sini sumber airnya (sumber waras), bagi saya itu tidak masalah. Potensi itu perlu dikembangkan dan dijual ke wisatawan. Jika masyarakat serius mengelola potensi wisata di Desa Kucur ini, pasti akan mampu bersaing dengan wisata yang sudah ada baik yang ada di Kabupaten Malang maupun daerah lain," tuturnya.

Sebelumnya, Kabupaten Malang telah memiliki area wisata agro yang cukup populer, yakni wisata apel dan sayuran di Kecamatan Poncokusumo, Petik Jeruk di Desa Selorejo, Kecamatan Dau.

Selain itu, Kabupaten Malang juga memiliki "surga" wisata pantai yang sangat elok di sepanjang pesisir pantai selatan Malang, seperti Pantai Kondangmerak, Balekambang, Bajul Mati, Teluk Asmara, Goa China, Ngantep, Tiga Warna, Sendangbiru, dan Pantai Ngliyep.(*)
Pewarta :
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar