Komandan Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir Diganti

id Komandan, Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir, Diganti, sertijab, antarajatim

Komandan Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir Diganti

Surabaya - Komandan Resimen Kavaleri-1 Marinir Kolonel Marinir Sarjito memimpin pergantian atau serah terima jabatan Komandan Batalyon Tank Amfibi-1 Mar, di lapangan Apel Yontankfib-1 Mar Karang Pilang, Surabaya, Senin.

Jabatan itu diserahkan dari Letkol Marinir Nasrudin kepada Mayor Marinir Arif Handono, selanjutnya Letkol Marinir Nasrudin yang lulusan AAL angkatan ke 41 tahun 1995 akan menempati jabatan sebagai Perwira Logistik (Paslog) Menkav-1 Mar.

Sebelumnya, Mayor Marinir Arif Handono yang lulusan AAL angkatan ke 40 tahun 1994 menjabat sebagai komandan Batalyon-1 Resimen Akademi Angkatan Laut di Surabaya dan selesai mengikuti pendidikan Seskoal.

"Serah terima jabatan merupakan peristiwa yang sangat penting bagi Menkav-1 Mar, karena Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir merupakan salah satu kekuatan inti Resimen Kavaleri-1 Marinir dalam melaksanakan tugas, fungsi dan perannya, baik sebagai pasukan pendarat amfibi maupun salah satu komponen pembangunan bangsa," kata Danmenkav-1 Mar.

Sebagai bagian dari pasukan pendarat amfibi, Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir mengemban misi pembinaan dan penggunaan kekuatannya dalam rangka sarana proyeksi kekuatan pasukan pendarat dari laut kedarat dalam operasi Amfibi.

"Kiprah Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir sampai saat ini sangat membanggakan baik dalam gelar kekuatan untuk latihan serta operasi pengamanan wilayah dalam negeri dan luar negeri. Kita patut bersyukur bahwa dari waktu ke waktu Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir telah mampu melaksanakan tugas sesuai tuntutan yang berkembang, termasuk selama kepemimpinan Letkol Marinir Nasrudin, walau dihadapkan pada keterbatasan sumber daya," katanya.

Pada akhir amanatnya, Danmenkav-1 Mar menyampaikan terima kasih kepada Letkol Marinir Nasrudin yang telah dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, serta mengucapkan selamat datang kepada Mayor Marinir Arif Handono.

Sebelumnya (14/12), Komandan Brigif-1 Marinir, Kolonel Marinir Wurjanto, memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir di lapangan Apel Bhumi Marinir Gedangan Sidoarjo.

Jabatan Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir diserahterimakan dari pejabat lama Letkol Mar M. Reza Suud kepada penggantinya Letkol Mar Dede Harsana yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Batalyon Roket-1 Marinir, sedangkan Letkol Mar M. Reza Suud akan menempati pos baru sebagai Perwira Staf Operasi (Pasops) Brigif-2 Marinir di Jakarta.

Bagi Letkol Mar Dede Harsana, Batalyon Infanteri-3 Marinir bukanlah tempat yang baru, sebab putra asli Binjai, Sumatera Utara lulusan AAL angkatan 41 itu mengawali karirnya sebagai Danton-1 Kompi E, Dantonban Kompi E, Wadanki E, Danki E hingga Pasi-4 Yonif-3 Marinir.

"Sebagai salah satu unsur kekuatan Batalyon Tim Pendarat Amphibi, Batalyon Infanteri-3 Marinir mempunyai tugas pokok membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan untuk melaksanakan operasi amphibi, operasi pertahanan, operasi pengamanan pulau terluar yang rawan lepas dari NKRI serta operasi-operasi tempur lainnya," kata Komandan Brigif-1 Marinir. (*)
Pewarta :
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar