Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan mencetak ratusan alat peraga kampanye untuk tiga pasangan calon dalam Pilkada 2024.

Menurut Komisioner KPU Pamekasan Moh Amiruddin, alat peraga kampanye yang difasilitasi KPU berupa baliho, spanduk, dan umbul-umbul.

"Total alat peraga kampanye yang kami cetak sebanyak 102 ribu," katanya di Pamekasan, Jawa Timur, Senin.

Ia merinci, ke 102 ribu alat peraga kampanye itu terdiri dari 60 ribu selebaran, 25 ribu brosur, 7 ribu pamflet, dan 10 ribu poster.

"Setiap pasangan calon mendapat 5 baliho, 2 spanduk per desa, dan 20 umbul-umbul per kecamatan, disesuaikan dengan desain yang diberikan tim pasangan calon kepada KPU Pamekasan," katanya.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, penyediaan alat peraga kampanye kepada para pasangan calon itu, sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatur Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2024.

Ketentuan ini, sambung dia, sebagaimana diatur pada Pasal 24 ayat 1.

"Dalam ketentuan itu disebutkan, bahwa KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota memfasilitasi pelaksanaan metode penyebaran bahan Kampanye kepada umum," katanya.

Amir menjelaskan, alat peraga kampanye yang dicetak oleh KPU Pamekasan itu telah diserahkan kepada tim masing-masing pasangan calon.

"Paslon dapat menambah atau mencetak sendiri alat peraga kampanye dan bahan kampanye sesuai dengan peraturan yang berlaku," katanya.

Sementara itu, Pilkada 2024 di Kabupaten Pamekasan diikuti tiga pasangan calon, yakni Fattah Jasin-Mujahid Ansori (Tauhid) nomor urut 1, K,H. Kholilurrahman-Sukriyanto (Kharisma) nomor urut 2, dan Mohammad Baqir Aminatullah-Taufadi (Berbakti) nomor urut 3.

Pasangan Tauhid diusung koalisi Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, Golkar, PSI, Garuda, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kemudian pasangan Kharisma diusung Partai Demokrat, Gelora, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai NasDem.

Sedangkan pasangan Berbakti diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura, dan Perindo.

KPU Kabupaten Pamekasan telah menetapkan 1.270 tps pada Pilkada 2024, yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan dengan jumlah pemilih sebanyak 666.048 orang (321.417 orang laki-laki dan 344.631 orang perempuan).

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024