Direktur Pascasarjana Unisma Prof M. Mas'ud Said optimistis bahwa Jawa Timur dapat menjadi kekuatan besar dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila di Indonesia.
 
Prof Mas'ud di Surabaya, Jumat mengatakan melalui kolaborasi lintas sektoral dan pelestarian kearifan lokal, provinsi ini berpotensi menjadi teladan nasional dalam memperkuat ideologi bangsa.
 
Dalam acara Penyusunan Rekomendasi Hasil Indeks Aktualisasi Pancasila (IAP) Jawa Timur yang digelar di Kantor Bakesbangpol Jawa Timur, Surabaya, Prof Mas'ud menggarisbawahi pentingnya peran Jawa Timur dalam mengamalkan Pancasila.
 
"Jatim memiliki modal sosial, ekonomi, dan politik yang kuat, ini mendukung pelaksanaan Pancasila melalui diskusi, festival kearifan lokal, hingga kolaborasi lintas sektoral," ujarnya di Kantor Bakesbangpol Jawa Timur, Surabaya.
 
Acara tersebut dihadiri oleh Plt Kepala Bakesbangpol Jawa Timur Nurul Ansori, Direktur Pengukuran Pelembagaan Pancasila Mukhammad Fahrurozi, dan Kepala Brida Jatim Andriyanto.
 
Semuanya sepakat perlunya mengoptimalkan dokumentasi dan penyebaran praktik nilai-nilai Pancasila di Jawa Timur sebagai inspirasi bagi daerah lain.
 
Menurut Prof Mas’ud, Jawa Timur ini perlu menuliskan kembali, menambahkan segmentasi, dan menguatkan data-data pelaksanaan Pancasila.
 
Jawa Timur cukup baik dalam pelaksanaan sila sila Pancasila dalam masyarakat. Tetapi belum dicatat dan dikapitalisasi oleh para ahli.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024