Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung telah menerima enam jenis logistik pilkada 2024, meliputi Kotak suara, kabel ties, tinta, bilik suara, kertas segel dan sampul surat suara.

"Pengiriman dilakukan bertahap. Berikutnya yang akan dikirim lagi logistik surat suara yang saat ini masih proses pencetakan," kata Ketua KPU Tulungagung, M. Luthfi Burhani di Tulungagung, Jawa Timur, Senin.

Ia memastikan jumlah logistik yang diterima oleh KPU sama dengan jumlah yang diajukan.

Khusus untuk sampul ada tiga jenis yang diterima, yaitu untuk surat suara, berkas dan C1 plano.

Untuk mengoptimalkan persiapan gelaran pilkada, KPU langsung melakukan penyortiran logistik.

Dari penyortiran itu ditemukan beberapa logistik yang rusak, seperti kotak suara ditemukan tiga kotak suara yang rusak, tinta kurang, dan kabel ties kurang.

"Sudah kita ajukan tapi belum kita terima, mungkin masih diproses," katanya.

Ia juga mengonfirmasi bahwa pencetakan surat suara sudah dilakukan sejak 19 Oktober 2024 dan rencananya akan dikirim ke KPU pada 29 Oktober 2024.

"Kita minta dimajukan, kalau bisa tanggal antara tanggal 24-26 sudah dikirim, biar segera ada proses sortir dan lipat," katanya.

Nantinya kertas suara dan logistik pilkada lainnya akan disimpan di gudang KPU Tulungagung.

Pilkada Tulungagung sesuai jadwal digelar serentak dengan kota/kabupaten lain pada 27 November 2024.

Pilkada Tulungagung diikuti oleh empat pasangan calon, yaitu Gatut Sunu - Ahmad Baharuddin, Santoso - Samsul Umam, Maryoto Birowo - Didik Girnoto Yekti dan Budi Setijahadi - Susilowati.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024