Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyiapkan tujuh panelis debat publik calon gubernur yang akan diselenggarakan pada 18 Oktober 2024.

"KPU Jatim sebagai penyelenggara debat tengah menyiapkan tujuh panelis sebagai perumus dari debat publik nanti," kata Komisioner KPU Jawa Timur Nur Salam di Surabaya, Jumat.

Nur Salam mengatakan pada debat perdana KPU akan mengusung tema Kesejahteraan Masyarkat nantinya memiliki kesinambungan pada tema-tema debat selanjutnya.

"Saat ini kami sedang menyusun panelis dan tema yang akan dijalankan sehingga pada dua hari ke depan mereka sudah bekerja," kata Nur Salam.

Sedangkan untuk menjeneralisir sub tema debat publik ini, dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar Focuss Group Discusion (FGD) melibatkan sejumlah pihak termasuk akademisi dan media.

"Tema debat ada di domain panelis, panelis masih disusun kemudian masih akan rapat untuk tema dan format," katanya.

Ia melanjutkan, nanti ada enam sub tema pada debat perdana ini yaitu di antaranya kesejahteraan, pelayanan, pembangunan, sinkronisasi arah pembangunan.

"Enam tema tersebut akan disetorkan kepada panelis untuk ditentukan sub tema sesuai kondisi riil di Jatim," ujar Nur Salam.

Ia juga memastikan jika debat akan dilaksanakan tiga kali selama masa kampanye Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024.

Debat pertama tanggal 18 Oktober, jadwal debat kedua 3 November 2024, dan debat ketiga 18 November 2024.

Diketahui Pilgub Jatim 2024 diikuti oleh 3 paslon. Paslon nomor urut pertama yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim. Paslon Luluk-Lukmanul diusung PKB.

Kemudian paslon nomor urut 2 yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak. Paslon ini diusung Gerindra, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN, PKS, PPP, PSI, Perindo, Partai Buruh, Gelora, PBB, PRIMA, Garuda, dan PKN.

Sedangkan paslon nomor urut 3 adalah Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta. Paslon ini diusung PDI Perjuangan (PDIP), Hanura, dan Partai Ummat.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024