Partai Gerindra dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masing-masing telah mengusulkan nama untuk mengisi kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur periode 2024-2029.

Ketua Sementara DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah, saat dihubungi dari Surabaya, Jumat, membenarkan kabar usulan dari Partai Gerindra dan PDI Perjuangan untuk calon wakil Ketua DPRD Jatim.

“Benar surat usulan nama pimpinan DPRD dari PDI Perjuangan dan Gerindra sudah turun,” kata Anik Maslachah.

Nama yang diusulkan oleh Partai Gerindra tersebut adalah Hidayat Maseaji, sedangkan PDI Perjuangan mengusulkan nama Deni Wicaksono untuk mengisi kursi pimpinan DPRD Jawa Timur.

Langkah kedua partai ini telah ditunggu setelah sebelumnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar dan Demokrat telah lebih dulu mengajukan nama pimpinan DPRD Jawa Timur.

Menurut jadwal, usulan calon nama pimpinan DPRD Jatim dari dua partai tersebut akan disampaikan dalam sidang Paripurna pada Sabtu (12/10) bersamaan paripurna istimewa Hari Jadi ke-79 Tahun Provinsi Jawa Timur.

Usulan dua nama calon pimpinan DPRD Jatim ke Kementerian Dalam Negeri ini tidak mengubah usulan sebelumnya, 

“Yang dua nama ini setelah kita tetapkan di paripurna besok Sabtu, segera kita kirim ke Mendagri,” ujar Anik.

Menurut politisi PKB ini, usulan yang baru ini tentu tanpa mengubah usulan sebelumnya yang hanya terdiri dari tiga nama calon pimpinan DPRD Jatim.

Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri, kemungkinan akan dikeluarkan dua kali, yakni SK pertama untuk tiga nama sebelumnya dan SK kedua untuk dua nama yang akan diparipurnakan tersebut.

“Atau bisa jadi satu SK yang berisi 5 nama sekaligus. Bergantung mendagri,” tuturnya.

Sementara, Hidayat Maseaji dari Partai Gerindra membenarkan usulan pengajuan pimpinan DPRD dari partainya.

“Iya betul, surat sudah turun dari DPP, mohon doanya,” jawab Hidayat Maseaji yang juga Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim

Deni Wicaksono dari PDI Perjuangan juga membenarkan jika dirinya mendapat mandat tersebut.

"Maturnuwun, mohon dukungannya,” ujarnya Deni yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.
 
Dua nama ini melengkapi tiga nama pimpinan DPRD Jatim yang sudah lebih dahulu diusulkan ke Menteri Dalam Negeri, yakni Musyafak Rouf sebagai calon Ketua DPRD Jatim dari PKB, Blegur Prijanggono dari Golkar sebagai Wakil Ketua tiga dan Sri Wahyuni dari Demokrat sebagai Wakil Ketua empat.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024