Pelaksanaan debat perdana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Situbondo 2024 yang diikuti dua pasangan calon (paslon) yakni Yusuf Rio Wahyu Prayogo-Ulfiyah dan Karna Suswandi-Nyai Khoirani saling beradu gagasan terkait investasi di wilayah tersebut.

Pada debat publik perdana, yang difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo di salah satu stasiun televisi regional Jawa Timur tersebut, mengusung tema "Penguatan Ekonomi Daerah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Situbondo" dan berlangsung pada Kamis (10/10) malam.

Dalam debat tersebut, pasangan calon nomor urut 1 Yusuf Rio Wahyu Prayogo-Ulfiyah menyoroti kinerja pasangan petahana nomor urut 2 Karna Suswandi-Nyai Khoirani, terkait geliat investasi di Kabupaten Situbondo.

Pasangan Rio-Ulfiyah menyampaikan, program yang mensinergikan antara pemerintah daerah, swasta dan perguruan tinggi untuk menjaring investasi di Situbondo, dinilainya belum dilakukan selama masa kepemimpinan petahana.

"Saya belum melihat selama masa kepemimpinan Pak Karna dan Bu Nyai berbincang santai dengan para investor, misalnya dengan kegiatan coffee morning untuk menjaring investor," kata Rio.

Rio menyampaikan sinergi tripartit yang melibatkan pemerintah daerah, perguruan tinggi dan pihak swasta penting dibangun dalam rangka menyediakan data, sehingga investor tertarik untuk berinvestasi di Situbondo.

"Dengan data, kerangka kebijakan akan terlihat jelas, dengan data ilustrasi bisa terlihat," kata Rio.

Dalam kesempatan itu, calon Bupati petahana, Karna Suswandi menyatakan bahwa berdasarkan data selama 3,8 tahun memimpin Kabupaten Situbondo, angka investasi di wilayah tersebut meningkat jika dibanding beberapa tahun sebelumnya.

"Semula (pada 2020) investasi di Situbondo berada di angka Rp1,4 triliun, angka investasi ini meningkat setelah 3 tahun 8 bulan, menjadi Rp3,9 triliun," kata Bung Karna.

Setiap tahun selama masa kepemimpinannya bersama Nyai Khoirani, kolaborasi antara dunia usaha, perguruan tinggi dan pihak swasta juga sudah dilakukan.

"Kolaborasi tripartit yang saudara Rio maksudkan itu sangat bagus, karena sudah kami terapkan dan kami buktikan. Setiap tahun kami selalu mengumpulkan para pengusaha untuk meningkatkan investasi," kata Karna Suswandi.

Pasangan "Karunia" ini juga menyampaikan bahwa pihaknya melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemkab Situbondo juga telah dinobatkan sebagai daerah Terinovatif peringkat ke-2 dari 41 kabupaten se-Indonesia.

Salah satu inovasi Pemkab Situbondo yang mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pertanian adalah inovasi bibit padi BK 01 dan 02 agritan. Bibit padi ini tahan hama dan produktivitasnya tinggi karena potensi panennya bisa mencapai 10 ton per hektare.

"Saat ini, bibit padi BK 01 maupun 02 agritan sudah disebar di seluruh daerah di Indonesia oleh Kementan, karena punya keunggulan yang mendukung ketahanan pangan nasional, bahkan dunia," kata Karna Suswandi.

Berdasarkan jadwal, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Novi Dinar

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024