Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, belum menetapkan jadwal debat antar-pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Banyuwangi pada masa tahapan kampanye Pilkada 2024.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Banyuwangi Enot Sugiarto di Banyuwangi, Jumat, mengemukakan bahwa KPU telah merencanakan jadwal kampanye debat antar-pasangan calon sebanyak tiga kali.

"Kegiatan debat antar-pasangan calon kami rencanakan tiga minggu terakhir tahapan kampanye, dan sekarang kami masih akan koordinasikan dengan masing-masing calon bupati dan calon wakil bupati," tuturnya.

Baca juga: Lapas Banyuwangi pastikan 98 persen warga binaannya masuk dalam DPT

Menurut Enot, kegiatan debat antar-pasangan calon juga akan dilaksanakan di studio stasiun televisi dan disiarkan langsung pada debat pertama, kedua dan ketiga.

Ia menjelaskan bahwa debat antar-pasangan calon bertujuan agar masyarakat lebih kenal dan tahu visi misi serta program kerja pasangan calon nomor urut 1 Ipuk Fiestiandani--Mujiono dan pasangan calon nomor 2 KH Ali Makki Zaini--Ali Ruchi.

"Kegiatan debat pada masa kampanye antar-pasangan calon diatur dalam Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2024," ucap Enot.

Dalam kegiatan debat mulai dari pembukaan oleh presenter/moderator, penyampaian visi misi dua pasangan calon, pendalaman visi misi dan program kerja, tanya jawab dan sanggahan antar-pasangan calon, dan pernyataan penutup (closing statement) pasangan calon.

KPU Kabupaten Banyuwangi juga memberikan kesempatan kepada dua pasangan calon bupati dan wakil bupati melaksanakan kampanye akbar (rapat umum) masing-masing satu kali, sedangkan gubernur maksimal dua kali.

"Rapat umum (kampanye akbar) juga masih belum ditentukan jadwal-nya karena kami masih perlu koordinasi dengan masing-masing pasangan calon," kata Enot.

Tahapan kampanye pemilihan bupati dan wakil bupati Banyuwangi berlangsung sejak 25 September hingga 23 November 2024, dan sampai saat ini masing-masing pasangan calon telah melaksanakan kegiatan kampanye tatap muka dan kampanye terbatas.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024