Ketua Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) Anik Maslachah memperkirakan jumlah Fraksi DPRD Jatim akan ada sembilan.

"Meskipun belum ditetapkan tapi kami sudah bisa prediksi jumlah fraksi di DPRD Jatim nanti ada sebanyak sembilan fraksi," kata Anik saat dihubungi dari Surabaya, Kamis.

Hal ini berdasarkan dari 10 partai politik (parpol) yang ada di DPRD Jatim yaitu meliputi delapan bisa membentuk fraksi sendiri sedangkan dua parpol lainnya harus bergabung supaya bisa membentuk fraksi.

Sebagaimana diketahui bersama hasil Pileg 2024 lalu, PKB mendapat 27 kursi DPRD Jatim membentuk Fraksi PKB, PDI Perjuangan mendapat 21 kursi membentuk Fraksi PDI Perjuangan, Partai Gerindra mendapat 21 kursi membentuk Fraksi Partai Gerindra, dan Partai Golkar mendapat 15 kursi membentuk Fraksi Partai Golkar.

Selanjutnya, Partai Demokrat mendapat 11 kursi membentuk Fraksi Partai Demokrat. Partai NasDem mendapat 10 kursi membentuk Fraksi Partai NasDem, PAN mendapat lima kursi membentuk Fraksi PAN, PKS mendapat lima kursi membentuk Fraksi PKS, dan PPP mendapat empat  kursi bergabung dengan PSI yang mendapat satu kursi membentuk Fraksi Persatuan Indonesia.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024